Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Acuan Modifikasi Motor "Anti-Alay"

Ghulam Muhammad Nayazri - Selasa, 15 September 2015 | 16:54 WIB

Jakarta, Otomania – Modifikasi sepeda motor tidak mengenal batasan, apapun yang dimimpikan bisa diwujudkan. Namun, yang jadi permasalahan, apakah dana yang keluar sudah layak dengan hasil modifikasi yang didapat? Joddy Ario pemiliki bengkel modifikasi JDM Project, berbagi pengalaman mengenai acuan modifikasi pada sepeda motor sport 150 cc.

“Pertama yang paling penting adalah mengatur dana dengan optimal, tidak berlebihan juga tidak terlalu kekuarangan. Paling tidak yang dilakukan pantas dan berguna, tapi tidak hilang rasa dan konsep modifikasinya,”ujar Joddy, Selasa (15/9/2015).

Joddy melanjutkan, untuk jenis sepeda motor 150 cc seperti Jupiter MX, Yamaha R15, Yamaha Byson, Honda Tiger dan jenis lainnya, ubahan lebih baik ke arah fungsional, dan wujud asli sepeda motornya tidak hilang. Tidak memakan biaya besar tapi tetap bisa enak dikendarai. Seperti ban diubah sedikit lebih besar dengan pelek tetap asli bawaan, namun tidak jauh dari yang standar, agar ban tidak donat.

“Misalnya kita ambil saja konsep sporty dan elegant serta asik diajak berkeliling kota, namun tetap realistis. Jangan misalnya Yamaha Byson dipasangkan fairing, meski bagus tapi aneh, jadi dana yang keluar tidak tepat,” ujar Joddy.

Ubahan lain yang mungkin pada jenis sepeda motor ini, lanjut Joddy, dengan melakukan pengecatan di bagian bodi atau velg. Kemudian untuk mempercantik bisa ditambahkan pernak-pernik aftermarket. Sisi performa bisa juga ditingkatkan dengan memberikan ubahan pada knalpot dan ECU.

“Paling tidak kisaran dana yang keluar sekitar Rp 1 juta sampai Rp 8 juta. Dana yang cukup pantas dan tidak lebay serta jauh dari unsur alay. Bisa dibilang seperti ini masuk ke dalam aliran JDM Project, sporty dan elegant,” ujar Joddy.

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa