Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menguak Perubahan Tersembunyi pada Suzuki Ertiga

Aris F Harvenda - Kamis, 10 September 2015 | 14:32 WIB
Cirebon, Otomania - Secara keseluruhan, ubahan penampilan Suzuki Ertiga memang tidak terlalu besar. Bahkan dari spesifikasi yang diberikan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), bisa dibilang dibandingkan model sebelumnya nyaris tidak ada bedanya. Perubahan daya dari 95 tk menjadi 92 tk memang jadi fokus utama perhatian. Tapi, ternyata New Ertiga punya beberapa jeroan yang diubah dari model sebelumnya.

Kepala Servis Roda 4 dan 2 SIS Riecky Patrayudha mengatakan, meski dari penampilan ubahan yang ditawarkan New Ertiga sifatnya lebih kepada estetika, tapi ada delapan komponen mesin yang mengalami pembaruan. Perbedaan tersebut diklaim menjadikan MPV 7 penumpang tersebut lebih irit.

"Kami banyak melakukan ubahan pada New Ertiga yang tidak terlihat secara kasat mata dan ini sangat berpengaruh pada kemampuan produk ini bagi konsumen," kata Riecky di Jakarta, seperti dilansir KompasOtomotif, Rabu (9/9/2015).

Pertama, rasio kompresi mesin yang sebelumnya 10,1:1 menjadi 11,1:1. Dengan ubahan tersebut, Ertiga facelift butuh konsumsi bahan bakar minimal RON 90, atau setara Pertalite.

Kedua, ubahan pada sistem pendinginan mesin (colling system). Ketiga, juga termasuk komponen Spacer Water Jacket yang mampu membuat cairan pendingin (coolant) lebih cepat masuk ke dalam silinder.

"Kemudian (keempat) ada ubahan pada bagian pembuangan exhaust camshaft, selanjutnya (kelima) squis design cylinder, (keenam) resin head. "Pokoknya mengubah diameter klep buang dan masuk," kata Riecky.

Desain piston dome (ketujuh) juga mendapat sentuhan baru, terakhir dilakukan pemetaan ulang Electronic Controler Modul (ECM). "Semua ubahan ini dilakukan bertujuan demi mencapai efisiensi bahan bakar," kata Riecky.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa