Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pintar Pilah-pilih Kaca Film Asli

Agung Kurniawan - Minggu, 9 Agustus 2015 | 07:34 WIB
Jakarta, Otomania – Semakin banyak peminat, biasanya barang apa saja pasti dipalsukan. Tak terkecuali kaca film yang memang menjadi aksesori wajib bagi pemilik mobil. Fungsinya jelas, untuk meneduhkan kabin, menghindari kejahatan dari luar, dan terpenting bisa menahan sinar ultraviolet yang berbahaya bagi kulit dalam jangka waktu lama. Lantas, apa jadinya kalau kaca film yang Anda anggap sudah memberikan perlindungan maksimal, ternyata palsu. Dongkol pasti!

Nah, Agus Setiadi, pemilik toko Griya Auto Film, selaku distributor resmi kaca film 3M memberikan beberapa panduan mudah untuk menghindari kaca film palsu yang banyak beredar di toko-toko aksesori mobil.

Mengapa 3M? Pasalnya, merek ini bisa dibilang banyak penggemarnya dan sudah dikenal sebagian besar konsumen pemilik mobil pribadi. Selain itu, dari segi harga juga tidak terlalu murah dan tidak kemahalan jadi banyak diburu konsumen.

Menurut Agus, paling mudah memastikan produk kaca film itu asli atau palsu, lewat logo yang embos di permukaan kaca film. Perhatikan benar bentuk logo ini, produk asli punya ukuran yang khas, 3M dengan ukuran yang kecil, berbeda dengan yang palsu.

“Ukuran logo 3M asli itu kira-kita setengah sentimenter, jika yang palsu lebih besar atau sekitar satu sentimenter,” kata Agus seperti dikutip KompasOtomotif, Jumat (7/8/2015).

Kedua, perhatikan warna dari kaca film yang dijajakan. Produk asli akan terlihat lebih pekat ketimbang yang palsu. Untuk urusan ini, Anda bisa melakukan pengecekan dulu via situs resmi 3M, agar mengetahui tipe-tipe kaca film apa saja yang ditawarkan. Kalau saja ada yang berbeda, bisa dipastikan produk itu palsu.

Ketiga, jika sudah terpasang di kaca mobil, sorotan sinar matahari akan lebih terasa panas ke kabin untuk produk palsu. Selain itu, sifat kaca film asli tidak mengurangi secara signifikan pandangan dari dalam kabin, meski dari luar terlihat gelap.

Ciri keempat, berkaitan dengan ungkapan 'Ada uang ada barang'. Jika harga yang ditawarkan relatif murah, bahkan terkadang tidak masuk akal, maka patut dicurigai. Terakhir, terkait masalah kartu garansi. Kaca film 3M asli menggunakan kartu seperti ATM, sedangkan yang palsu hanya terbuat dari kertas biasa.

“Setiap pembelian kaca film 3M asli akan diberikan kartu garansi yang terbuat dari kartu seperti ATM, jika diberikan yang berbentuk seperti karton maka itu palsu. Garansi juga diberikan selama 5 tahun,” ucap Agus.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa