Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Komponen Rentan Rusak Usai Mudik

Stanly Ravel - Rabu, 29 Juli 2015 | 09:59 WIB

Jakarta, Otomania - Pengecekan kaki-kaki mobil dianjurkan untuk memastikan kenyamanan tetap terjaga. Perjalanan panjang, jalan rusak, dan beban berat memungkinkan beberapa komponen perlu perawatan.

Hal tersebut disampaikan oleh Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto2000 Cikarang, yang mengatakan bahwa selain mesin, kaki-kaki juga berperan penting dan bekerja lebih berat saat perjalanan mudik. Belum lagi bila jalur mudik didominasi jalan rusak dan berlubang.

"Kondisi kaki-kaki mobil wajib dicek ulang. Mulai dari suspensi, ban, pelek sampai hal yang paling penting yaitu rem dan cairannya. Jalur mudik yang beragam serta padatnya volume kendaraan tanpa disadari membuat orang lebih banyak menekan pedal rem, hal ini bisa berpengaruh pada berkurangnya ketebalan kampas rem," ucap Indah, Senin (27/7/2015).

Agar lebih pasti, Indah menyarankan mobil dilakukan perawatan kembali ke bengkel resmi. Untuk kaki-kaki selain memeriksa kondisi suspensi, disarankan untuk meminta mekanik mengecek permukaan ban dan kondisinya. Bila memang harus dilakukan penyetelan ulang bisa lakukan proses spooring.

Untuk rem, penting untuk memeriksa kadar pelumasnya. Sedangkan kampas rem bisa dilakukan perawatan berupa pembersihan dan penyetelan ulang agar rem kembali nyaman ketika digunakan sehari-hari.

Nah, berikut rincian harga yang dibutuhkan untuk Toyota Avanza dan Innova. Mulai dari mengganti oli, filter, kampas rem, sampai spooring.

model

Brake Pad

Brake Shoe

Oli Mesin TMO

Minyak Rem

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa