Komponen ini Berisiko Ringkih Pascamudik Lebaran

Stanly Ravel - Selasa, 28 Juli 2015 | 07:04 WIB
Jakarta, Otomania - Perjalanan sejauh ratusan kilometer yang ditempuh semasa mudk Lebaran bukan cuma membuat lelah tubuh pengendara, tapi juga kendaraan. Oleh karena itu penting untuk segera melakukan perawatan mobil, sebelum akan kembali berakitivitas.

Selain mesin, sektor kaki-kaki pun bisa menjadi lebih ringkih imbas terkena guncangan saat perjalanan. Penegasan ini disampaikan oleh Indah Yuliana, Kepala Bengkel Auto 2000 Cikarang, saat dihubungi Otomania, Senin (27/5/2015).

"Melihat kondisi jalan di Indonesia, sektor kaki-kaki juga wajib diperhatikan. Perjalanan jauh ke luar kota seperti melintasi Pantura di malam hari dengan kondisi jalan berlubang, pasti banyak yang kena. Ini harus diperiksa kembali, karena bisa mengganggu kenyamanan saat kendaraan digunakan lagi," ujar Indah.

Menurutnya, pemeriksaan kaki-kaki wajib dilakukan secara menyeluruh. Mulai dari kondisi ban, pelek, kampas rem, sampai perangkat lain seperti bearing, bushing, dan tieroad.

"Kaki-kaki juga bekerja ekstra ketika jalan jauh. Saat pengecekan, minta mekanik sekaligus melihat kondisi rem. Karena mudik identik dengan macet, fungsi rem juga bekerja lebih berat dari biasanya. Kalau di Toyota, ini namanya clean and adjustment. Kampas rem dibuka dan dibersihkan, lalu di-setting kembali," ucap Indah.


Oli Mesin

Bagi Anda yang kerap melakukan penggantian oli sebelum perjalanan mudik, jangan lekas langsung menggantinya dengan yang baru. Menurut wanita yang pernah meraih gelar Kepala Bengkel Terbaik Auto2000 ini masih cukup aman kalau hanya menempuh jarak sekitar 1.000 km. Tapi baiknya tetap diperhatikan secara visual.

"Oli mesin dan air radiator bisa dicek sendiri. Kalau oli cukup melalui melihat levelnya dengan dipstick oil pada mesin," ujar Indah.

Hal lain yang sering dilupakan konsumen, adalah adalah cairan wiper. Setelah menempuh perjalanan jauh, biasanya cairan pembersih jendela depan ini kerap tiris. Cairan ini penting tetap terjaga, karena jika sampai habis, dan wiper dihidupkan, justru akan menggores lapisan kaca depan.


Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa