Ini Kewajiban Pemilik Mobil Suzuki Usai Mudik

Stanly Ravel - Jumat, 24 Juli 2015 | 10:58 WIB
Jakarta, Otomania  - Pengecekan mobil tidak hanya berlaku saat akan menempuh perjalanan jauh tapi juga setelahnya. Seperti ketika sehabis mudik, untuk memastikan kondisi mobil kembali prima seperti sedia kala, sebaiknya melakukan pengecekan kembali.

Beberapa komponen yang rentan membutuhkan perawatan dan pembersihan, harus diperiksakan ke bengkel. Hal ini diutarakan oleh Riecky Patrayudha, Service Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kepada Otomania, Kamis (23/7/2015).

"Untuk konsumen pengguna Suzuki, setelah melakukan perjalan mudik baiknya melakukan pengecekan kembali. Datang ke bengkel resmi dan lakukan general cek up seperti servis rutin saja," ucap Riecky ketika dihubungi via ponsel.

Suzuki, lanjutnya, punya standard operating procedure (SOP) pengecekan kendaraan meliputi 23 bagian kompunen. Mulai dari bagian yang kasat mata (visual) seperti lampu-lampu, kondisi wiper, ban, dan hal lainnya. Sampai bagian jeroan, seperti mesin, fungsi, termasuk pengecekan dengan Suzuki Diagnostic Tool (SDT).

"Yang paling penting sehabis melakukan perjalan jauh, coba cek cairan pada mobil. Mulai dari minyak rem, oli dan lain sebagainya. Setelah itu sistem pengereman dan ban, karena hal ini yang paling berperan saat menempuh perjalan jauh," ujar Riecky.

Menurutnya, saat menempuh perjalan jauh ke luar kota dipenuhi dengan medan yang bervariasi. Sektor kaki-kaki khususnya suspensi, ban dan rem cukup bekerja ekstra keras. Hal ini lah yang paling penting untuk diperhatikan agar kendaraan tetap nyaman saat digunakan.




Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id


KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa