Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Inikah Sosok "MPV China" Penantang Avanza-Xenia?

Agung Kurniawan - Jumat, 24 Juli 2015 | 14:02 WIB
Jakarta, Otomania - Ada pernyataan menarik yang tersirat dari rencana perakitan perdana kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) asal China, Sokon di Banten, November mendatang. Komisaris PT Sokonindo Indonesia Alexander Barus memastikan kalau perusahaan telah menyiapkan satu model MPV dengan dua pilihan mesin yang mau diproduksi massal.

"Sasaran produk ini kami tujukan untuk kelas masyarakat yang berada di kalangan menengah ke bawah. Mobil ini ukurannya akan lebih besar sedikit dari Xenia atau Avanza," ujar Alex di Jakarta, Kamis (23/7/2015).

Dari pernyataan ini bisa disimpulkan sesuatu yang menarik, tersirat kalau MPV Sokon akan bersaing di segmen sama dengan "duet maut" Avanza-Xenia. Selain itu disebutkan, kalau dimensi MPV Sokon sedikit lebih besar dari dua model terlaris di Indonesia itu.

Nah, berbekal informasi ini, Otomania mencoba berselancar di internet, sampai akhirnya berjumpa dengan salah satu model andalan Dongfeng Sokon Fengguang 350 yang sudah dipasarkan di China, sejak 2013. MPV ini bentuknya mirip Avanza tetapi secara keseluruhan memang dimensinya lebih bongsor.

Dimensi Fengguang 350 di China, adalah panjang 4.365 mm, lebar 1.720 mm, tinggi 1.770 mm, dan sumbu roda (wheel base) 2.725 mm. Varian termewah Fengguang dibekali mesin 1.5L DVVT mesin, bertenaga 115 tk dan torsi 145. Tenaga ini disalurkan lewat sistem transmisi lima percepatan manual, ke roda depan.

Di China, ketika peluncuran (2013), Fengguang 350 dibanderol antara 50.000-70.000 yuan atau berkisar Rp 108,2 juta - Rp 151,5 juta.


Baca juga: "MPV China" Siap Menantang Avanza-Xenia

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa