Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemudik Arus Balik Wajib Perhatikan Hal Ini!

Ghulam Muhammad Nayazri - Rabu, 22 Juli 2015 | 09:06 WIB

Purwakarta, Otomania - AKBP Indra Jafar, Kepala Posko Pengamanan Cikopo, Direktorat Lalu Lintas Polda Jabar mengimbau kepada pemudik arus balik agar wajib melakukan beberapa persiapan penting. Lewat persiapan yang mantap, kondisi jalan akan lebih mudah dilalui dan menuntungkan pemudik, khususnya ketika masuk ke ruas Tol Palimanan, CIkopo dan Cikampek.

"Persiapan-persiapan tersebut diantaranya dengan menyiakan perbekalan yang cukup bahkan sedikit lebih, seperti makanan besar (nasi, lauk pauk), camilan, serta air minum. Kemudian selain persiapan tersebut, yang perlu di lakukan ialah dengan  mengisi bahan bakar dengan penuh," ujar Indra kepada Otomania, Selasa (21/7/2015).

Indra Jafar melanjutkan, imbauan tersebut bukan tanpa alasan, pasalnya jika bahan perbekalan habis disertai dengan kondisi jalan yang macet maka akan sangat menyulitkan. Parahnya lagi, kondisi ini justru berpotensi menyebabkan arus balik jadi semakin macet, karena banyak pengemudi yang menurunkan kecepatan dan berpindah ke jalur kiri (bahu jalan) untuk membeli minuman maupun makanan kepada pedagang-pedagang.

Kemudian, pemudik juga tidak bisa mengandalkan rest area yang ada, karena belum tentu di kala pemudik sudah mendekati lokasi istirahat yang dituju, kondisinya sedang tidak penuh. Maka dari itu persiapan bahan makanan akan penting.

"Rest area pada hari ini hingga Kamis diperkirakan akan lebih cepat dipadati pengunjung karena volume kendaraan yang semakin bertambah, kurang lebih sekitar 10 sampai 20 menit sekali rest area sudah kami tutup aksesnya karena penuh, sebab jika dibiarkan maka akan semakin menambah kemacetan," ujar Indra Jafar.

Hal serupa juga berlaku untuk bahan bakar, tambah Indra Jafar, jika sekiranya menemui pom bensin, dalam kondisi yang tidak terlalu ramai, sedangkan bahan bakar sudah berkurang, baiknya diisi agar selalu penuh. Karena saat tiba-tiba menemui kemacetan, tidak akan menghawatirkan.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa