Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tol Cipali Lancar Sehari Jelang Lebaran

Stanly Ravel - Kamis, 16 Juli 2015 | 14:24 WIB
Jakarta, Otomania - Setelah sempat macet parah sampai dini hari tadi, kini tepat sehari jelang Lebaran, Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) sudah lancar dan sepi. Dari pantauan Kompas.com di ruang Traffic Monitoring Center PT Lintas Marga Sedaya (LMS), kepadatan hanya terjadi delapan kilometer jelang pintu Tol Palimanan. Sedangkan antrean di Tol Cikopo sendiri hanya 100 meter.

"Kepadatan hanya di titik menuju pintu Tol Palimanan. Sementara di rest area belum dipenuhi pemudik. Semua masih lancar terkendali," ujar Kepala Satuan Patroli Jalan Raya (PJR) Direktorat Lalu Lintas Polda Jawa Barat AKBP Asep Pujiyono, kepada Kompas.com, Kamis (16/7/2015).

Menurutnya, para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi masih berkendara dalam kecepatan wajar dan masih dalam batas toleransi.

58.000 unit

Dari data yang didapat Kompas.com melalui LMS, Rabu (15/7/2015), total kendaraa
n yang melintas masuk Tol terpanjang di Indonesia ini mencapai 58.000 kendaraan.

Di sore harinya, sekitar pukul 16.00 - 17.00 WIB sempat terjadi antrian panjang hingga 42 kilometer. Bahkan sempat terjadi insiden tabrakan beruntun yang melibatkan tiga kendaraan, yaitu Xenia bernomor polisi B 1320 FKI, Karimun B 1871 EOB, dan Avanza B 1328 TNI.

Wahana Hiburan

Meski terjadi kemacetan panjang, dan banyak jalur alternatif yang sebenarnya bisa di lalui, namun pihak LMS mengatakan bahwa para pemudik tetap memilih opsi melanjutkan perjalanan melintasi Cipali.

"Padahal ada jalur alternatif di Simpang Susun Sumberjaya atau Km 175 yang bisa mereka manfaatkan untuk melalui jalur alternatif. Namun hanya satu dua kendaraan yang memilih melalui jalur alternatif. Ini menandakan masyarakat sangat antusias melintasi Tol Cipali," ujar Wakil Direktur Utama PT LMS Hudaya Arryanto.

Masyarakat, lanjutnya, yang melewati Tol Cipali juga menjadikannya sebagai wahana mudik karena suasana baru. "Mereka memanfaatkan tempat istirahat untuk beristirahat, menggelar tikar, dan ambil foto selfie," ucap Hudaya.


Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa