Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Sekarang Kredit Mobkas Semakin Sulit

Agung Kurniawan - Jumat, 10 Juli 2015 | 06:09 WIB
Jakarta, Otomania - Bagi Anda yang berniat membeli mobil bekas (mobkas) dengan menyicil, sepertinya bakal lebih sulit tahun ini. Pasalnya, sejumlah perusahaan lembaga pembiayaan (leasing) tengah dihantui non performing loan (NPL) alias kredit macet.

Hal ini disampaikan Jodjana Jody, Presiden Direktur PT Astra Sedaya Finance (Astra Credit Companies/ACC) kepada Otomania, di Jakarta, Rabu (8/7/2015). Menurut Jody, kemampuan daya beli konsumen yang menurun membuat hampir seluruh perusahaan leasing memperketat kredit yang masuk.

"Sampai Juni 2015, NPL kita naik menjadi 0,7 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya 0,5 persen. Masalah utama terjadi para kredit truk, pikap, dan mobil bekas," jelas Jody.

Dengan bercermin pada kondisi ini, jelas Jody, proses kredit pada jenis-jenis kendaraan ini cenderung ditinggalkan perusahaan pembiayaan. Upaya pemerintah dengan menurunkan  batas minimum uang pangkal (down payment/DP) sebesar 5 persen juga dianggap kurang efektif.

"Dalam jangka pendek NPL masih akan terus naik, selama ini terjadi mengeluarkan kebijakan DP rendah bukan waktu yang tepat. Daya beli, diskon besar mobil baru, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, GDP (pendapatan domestik bruto) belum naik, menjadi faktor pertimbangan perusahaan," kata Jody, menjelaskan.

DP minimum yang ditetapkan perusahaan leasing saat ini akan dipertahankan demi menyaring konsumen-konsumen yang benar-benar mampu mencicil. Jika memaksakan, ujungnya lebih berbahaya, berpotensi kembali mengerek NPL jadi lebih tinggi lagi.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa