Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Lebih Banyak Jiwa Melayang pada Aktivitas Sehari-hari

Ghulam Muhammad Nayazri - Senin, 6 Juli 2015 | 07:41 WIB


Jakarta, Otomania
- Para penggiat keselamatan berkendara di jalan menuntut pemerintah Indonesia untuk lebih konsisten dalam mengeluarkan kebijakan maupun menerapkannya di mata hukum. Pasalnya, jumlah kecelakaan yang terjadi di jalan ternyata lebih banyak pada aktivitas sehari-hari, ketimbang perjalanan mudik Lebaran setiap tahunnya.

Edo Rusyanto, koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman) mengatakan, kecelakaan pada musim mudik Lebaran lebih rendah jika dibandingkan dengan kasus sehari-hari sepanjang tahun. Tahun lalu misalnya, rata-rata kecelakaan yang terjadi tercatat sekitar 250 kasus, dengan jumlah korban jiwa mencapai 78 orang per hari. Tapi, di musim mudik Lebaran, hanya tercatat 191 kasus kecelakaan dengan 41 korban jiwa, setiap harinya.

"Penurunan kasus dan fatalitas kecelakaan pada musim mudik karena pemerintah serius, para instansi pemerintah bersatu, termasuk masyarakat yang ikut bersinergi dengan baik. Seharusnya, keseriusan tersebut terus dipertahankan sepanjang tahun, tidak hanya pada musim lebaran," ujar Edo, Sabtu (4/7/2015).

Selain itu, Kasie Keselamatan Awak Angkutan Umum Kementerian Perhubungan Jonter Sitohang menambahkan, bahwa memang kekompakan antar instansi, baik pemerintah maupun swasta sangat baik saat menghadapi mudik lebaran, sehingga angka kecelakaan bisa lebih rendah dibanding hari biasa.

"Namun diharapkan, ke depannya sinergi ini seharusnya dapat bisa berlangsung terus menerus, tidak haya pada mudik lebaran, agar persentase angka kecelakaan bisa cepat turun," ujar Jonter .

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa