Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini 2 Sepeda Motor dengan Banderol di Atas Rp 500 Juta

Aris F Harvenda - Selasa, 16 Juni 2015 | 11:25 WIB
Jakarta, Otomania - Perkembangan sepeda motor gede (moge) di Indonesia tengah jadi pembicaraan hangat di kalangan penghobi. Pasarnya pun mulai berkembang. Indikasi terkuat adalah para produsen mulai meluncurkan model-model baru untuk bersaing di pasar. Tentunya konsumen diuntungkan karena punya banyak pilihan dengan daya tarik yang beragam pula.

Di antara sekian banyak moge yang dipasarkan di Tanah Air, ada 2 model dari merek berbeda yang punya banderol fantastis yakni di atas Rp 500 juta, atau setara dengan harga Toyota Camry. Kedua model tersebut adalah Honda CBR1000RR dengan harga Rp 575 juta dan Kawasaki H2 yang dijual Rp 580 juta. Lantas, apa yang jadi kelebihan kedua model tersebut hingga punya harga selangit?

Honda CBR1000RR

Dibekali daya 178,3 tk @12.250 rpm. Menggendong mesin 999,8 cc, 4 silinder segaris 16 katup berpendingin cairan. Menggunakan suplai bahan bakar PGM-DSFI (Programmed-Dual Sequential Fuel Injection), memiliki dua injektor di setiap saluran ruang bakar yang dikendalikan akurat oleh ECM, sehingga menghasilkan tenaga responsif dan sensasi menakjubkan.

Rangka Diamond Aluminium Composite Twin Spar yang ringan dan ringkas, dikembangkan khusus untuk digunakan di trek dan sesuai untuk dikendarai di sirkuit. Suspensi Ohlins tipe teleskopik inverted di depan dan TTX36 yang dipadu UNIT Pro-Link di belakang.

Teknologi Assist Slipper Clutch terinspirasi dari RC212V MotoGP, memberikan kemudahan dan ketepatan dalam melakukan mekanisme perpindahan gigi saat melakukan pengereman mendadak sebelum memasuki tikungan. Dilengkapi Honda Electronic Steering Damper (HESD), kedua peredam setang kemudi sistem elektronik, mampu memberikan stabilitas prima pada kecepatan tinggi, dengan meminimalisasi perubahan sudut kemudi.

Sistem pengereman kombinasi ABS yang dikendalikan secara elektronik (eC-ABS) yang dipadu dengan kelengkapan kaliper rem Brembo 4 piston.

Kawasaki H2

Punya tenaga 200 tk dan bisa naik sampai 210 tk berkat penggunaan teknologi ram-air. Bobot cuma 238 kg, membuatnya punya rasio tenaga untuk bobot 0,88 tk/kg. Tenaga maksimal dari mesin 998cc, supercharger, DOHC, 4-silinder segaris, bisa dicapai pada 11.000 rpm.

Punya sistem elektronik termasuk kontrol traksi, pengendali awal (launch control), hingga ABS. Ada pula kelengkapan quick-shifter untuk perpindahan gigi yang halus dan responsif. Stabilitas setang dibantu electronic steering damper dari Ohlins. Suspensi pakai KYB yang bisa disetel. Rem Brembo dengan piringan semi-floating 330mm, dan 250mm di belakang. Kaliper monoblok pakai tipe radial-mounted.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa