Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Cara Merawat Ban Moge

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 23 Mei 2015 | 09:32 WIB

Jakarta, Otomania — Jangan abaikan kondisi ban sepeda motor, apalagi ukuran bodi besar (moge). Bagian ini penting sebagai penunjang kenyamanan, bahkan menentukan keselamatan pengendara di jalan. Beberapa hal harus diperhatikan dalam merawat ban agar usianya bisa panjang dan tidak cepat keras.

“Wajib perhatikan kondisi ban, apalagi moge yang bebannya cukup besar. Jika ban terganggu sedikit saja, kendali di jalan akan berantakan, bahkan bisa terjatuh,” ujar Erwin Soetanto, Manajer Pemasaran Moto8, kepada Otomania, Jumat (22/5/2015).

Erwin menyarankan agar jangan pernah menggunakan sabun saat mencuci ban. Jika bersikeras untuk menggunakan sabun, bilas kembali menggunakan air, hingga tak ada lagi bekas sabun tersisa. “Cukup bersihkan ban dengan air saja dan disikat. Sabun membuat ban cepat menjadi keras, jadi upayakan untuk tidak menggunakan itu saat mencuci ban,” kata Erwin.

Selanjutnya, hindari penggunaan semir ban karena akibatnya akan sama dengan saat menggunakan sabun. Lebih parah lagi, akan membuat ban kering dan retak. “Jika ban mulai mengeras, daya cengkeramnya di jalan akan berkurang, dan fleksibilitasnya ketika motor sedang menikung atau berakselerasi menjadi kaku sehingga motor mudah tergelincir,” ucap Erwin.

Terakhir, kata Erwin, setelah bepergian jauh ataupun dekat, bersihkanlah ban, cuci dengan bersih. “Setiap habis berkendara dari mana pun, bersihkan ban dengan air hingga bersih. Karena dikhawatirkan terkena cairan yang dapat mengganggu ban nantinya,” kata Erwin.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa