Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menepis Ancaman Sulfur pada Mesin Diesel

Stanly Ravel - Rabu, 20 Mei 2015 | 08:01 WIB
Jakarta, Otomania - Kualitas bahan bakar minyak (BBM) jenis solar di Indonesia kerap membuat mobil-mobil bermesin diesel dihindari konsumen. Kandungan sulfur yang tinggi kerap membuat mesin bermasalah, berujung pada menurunnya kemampuan kendaraan. Lantas apa yang harus dilakukan?

Bahaya sulfur untuk mesin diesel sudah dibahas pada artikel sebelumnya, "Pelajari Bahaya Kandungan Sulfur pada Solar", kini giliran membahas cara mengatasinya.

Langkah paling jitu untuk menjaga kondisi mesin diesel dari ancaman sulfur berkaitan erat dengan fungsi saringan solar (filter solar). Komponen ini berfungsi menjaga asupan kualitas BBM yang masuk ke ruang mesin dalam kondisi bersih. Menjaring berbagai unsur, mulai dari kotoran, air, partikel, atau debu ikut masuk ke ruang bakar lewat pompa distributor dan injektor.

"Umumnya pengecekan filter solar dilakukan tiap 5.000 km, dan selambatnya mengganti pada 7.500 km. Dengan begitu pengguna bisa lebih awet menjaga mesinnya," ujar Arifani Perbowo, GM Product Development PT Kia Mobil Indonesia kepada Otomania, belum lama ini.

Hal senada juga disampaikan oleh Ricky Dianto selaku pengguna mobil diesel. "Kalau mau menjaga performa mesin diesel, hal utama yang penting adalah melakukan pengecekan pada filter solar. Bila terlihat kotor segera ganti karena bisa berimbas pada performa," ujar Ricky saat ditemui Otoamania di markas Firna Protechnik, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Senin (18/5/2015).

Menurutnya, filter yang kotor bisa berdampak cukup besar untuk performa mesin. Pasalnya, dengan menumpuknya kotoran pada komponen penyaring, asupan solar via pompa dan injektor otomatis berkurang. Kondisi ini berimbas pada penurunan performa mesin, bahkan sampai pemborosan BBM karena pengendara akan sering menekan pedal gas lebih dalam guna mendapatkan tenaga.

Sekarang ini, ada beberapa mobil bermesin diesel yang mengaplikasi filter ganda untuk antisipasi. Tetap saja, kualitas solar yang belum merata di Indonesia masih berpotensi membahayakan kemampuan mesin diesel, sehingga pengecekan filter mutlak dilakukan.

Hal lain yang bisa dilakukan konsumen, adalah dengan memilih jenis solar yang sudah terbukti ideal bagi mesin diesel, bisa Pertamina Dex atau Shell Diesel demi langkah preventif. Di sisi lain, bahan bakar ini harganya lebih mahal, bahkan dari bensin dengan kadar oktan paling tinggi 95 yang dijual di Indonesia.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa