Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bukti Mesin Diesel Tak Lagi Lemot

Stanly Ravel - Jumat, 15 Mei 2015 | 17:13 WIB

Jakarta, Otomania - Rumor soal mobil bermesin diesel punya tenaga yang "lemot" sudah mengakar di benak sebagian besar konsumen Indonesia. Tapi, anggapan ini berhasil dipatahkan oleh ajang pengujian 10 mobil diesel yang dilakukan oleh AutoBild Indonesia, bertemakan Diesel Challenge 2015.

Cap negatif, mulai dari tenaga lemot, tidak responsif, ngebul, danberasap hitam kini sudah ditinggalkan. Perkembangan teknologi yang diadopsi sudah berbeda dengan generasi sebelumnya. Hampir tiap merek sudah punya teknologi canggih untuk mesin dieselnya.

Toyota misalnya, mengadopsi teknologi Variable Nozzle Turbo, BMW dengan TwinPower Turbo, Chevrolet Captiva lewat Common-Rail, Mitsubishi Pajero Sport Dakar mengandalkan variable geometry turbo, dan lain sebagainya.

Dari total 10 mobil yang diuji AutoBild Indonesia, semuanya berhasil menunjukan kebolehannya dalam hal akselerasi dari titik diam 0-100 kpj. Data ini menunjukan kalau seluruh model diesel baru sudah tidak "lemot", apalagi transmisi otomatis.

Catatan waktu terbaik diperoleh BMW 520d saat berakselerasi dari titik 0-100 kpj dengan 8,7 detik. Peringkat kedua, ada Kia Sorento dengan 9,4 detik, disusul Mitsubishi Pajero Sport (10,7 detik), sampai posisi peringkat terendah ke 10 diduduki Toyota Kijang Innova dengan catatan 16,3 detik.
Selain responsif, mesin diesel pada model-model baru juga berhasil membuktikan tenaganya. Ke 10 model yang diuji dites dengan menderek satu unit Datsun Go+ Panca yang berbobot 1,25 ton sepanjang 100 m. Seluruh model berhasil menunjukan performanya (lihat tabel).

Nah, lewat pembuktian ini, data-data yang dihasilan menunjukan kalau mitos mobil bermesin diesel "lemot" sudah tidak terbukti lagi.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa