Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Mobil Diesel Terbaik di Indonesia

Stanly Ravel - Jumat, 15 Mei 2015 | 14:46 WIB

Jakarta, Otomania - Setelah melakukan serangkaian tes terhadap 10 mobil bermesin diesel di Indonesia dalam ajang AutoBild Indonesia "Diesel Challenge 2015", akhirnya mencapai hasil garis finis. BMW 520d keluar sebagai mobil bermesin diesel terbaik yang dipasarkan di Indonesia tahun ini, dengan mengantongi akumulasi 100 poin, mengalahkan sembilan rival lainnya.

Dari enam tantangan tes yang dilakukan tim penguji AutoBild Indonesia, sedan mewah ini berhasil menjuarai tiga di antaranya. Ketiga tantangan dengan hasil terbaik adalah, tes akselerasi dengan hasil 8,7 detik (0-100 kpj), tes derek berbobot 1,25 ton berjarak 100 km diraih 8,6 detik, dan tes kenyamanan dengan perhitungan kesenyapan kabin tercatat 31,4 dB.

Meski mendapat nilai kumulatif terbaik, BMW 520d bukan pilihan mobil diesel yang paling irit. Sedan menengah ini harus puas di peringkat dua, terpaut 0,2 kpl dengan Renault Duster. Namun, secara total hasi ini wajar, karena Duster dibekali mesin berkapasitas paling kecil 1.500 cc dan transmisi manual.

Soal harga juga jadi pertimbangan sendiri. BMW sebagai merek premium, memposisikan sedan 520d dengan banderol yang relatif tinggi, yakni Rp 899 juta sebelum pajak (off-the-road). Harga ini cukup jauh bedanya dengan kontestan lain, yang bermain di rentang banderol Rp 268 juta-Rp 498 juta.

Menariknya, meski bersaing di segmen premium, BMW menawarkan paket perawatan servis berkala yang lebih kompetitif. Untuk biaya perawatan 100.000 km, konsumen menghabiskan biaya hingga Rp 23,503 juta. Nilai ini masih lebih murah ketimbang dua rival lain, yakni Chevrolet Captiva yang menghabiskan Rp 24.085.766, Mitsubishi Pajero Sport Rp 40.055.850, atau Isuzu MU-X Rp 29.669.880.

Hasil Tes "Auto Bild Indonesia Diesel Challenge 2015":

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa