Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mengenal Transmisi AGS pada Karimun Wagon R

Stanly Ravel - Selasa, 19 Mei 2015 | 16:23 WIB
Jakarta, Otomania - Keluarga baru Suzuki Wagon R kini hadir dalam varian baru transmisi otomatis 5 percepatan Auto Gear Shift (AGS). Transmisi ini menjadi keunggulan utama Wagon R karena menjadi satu-satunya  mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) satu-satunya yang mengadopsi teknologi ini.

Bagaimana cara kerjanya ? “Pada prinsipnya AGS berkerja seperti mobil bertransmisi otomatis. Tapi, tetap ada perbedaannya, karena ini adalah transmisi manual yang dijadikan matik tanpa pedal kopling," ungkap Donny Saputra, Kepala Pengembangan Produk Roda Empat SIS saat di Jakarta, awal Mei 2015.

Menurutnya, teknologi AGS bekerja dengan mengintegrasikan sistem akuator hidrolik persisi yang dikendalikan oleh Electronic Control Unit (ECU) dan Transmission Control Modul (TCM). Fungsinya untuk mengatur kerja kopling, perseling gigi, dan mesin. Lewat mekanisme ini, pengemudi bisa menikmati sensasi transmisi manual tanpa repot menekan pedal kopling.

Pada dasarnya teknologi ini serupa dengan Automated Manual Transmission (AMT), memakai girboks dengan kopling kering layaknya mobil manual. Tapi peran kerja kopling dikendalikan oleh sebuah pompa yang diatur secara elektronik.

Di Indonesia sendiri jenis transmisi ini bukan barang baru, karena beberapa mobil city car dari brand Eropa juga sudah ada yang menggunakanya. Suzuki sendiri juga telah menerapkan transmisi AGS pada beebrapa produknya seperti, Celerio di India dan Alto di Jepang.

Editor : Agung Kurniawan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa