"Nih", Keuntungan Bila Merawat Sepeda Motor

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 25 April 2015 | 11:32 WIB
Jakarta, Otomania - Sepeda motor yang rajin dirawat dan diperhatikan pemiliknya, bukan hanya dapat menguntukan saat dikendarai, namun akan punya nilai plus juga saat akan dijual, Nilainya masih cukup memuaskan karena kondisinya yang bagus rapi dan terawat.

"Motor sudah menjadi kebutuhan, pastinya harus dirawat dengan baik. Ini dimaksudkan agar tidak menyusahkan dan harganya masih bisa bagus kalau mau dijual," ujar Pardiono kepala mekanik Astra Motor.

Pardiono mengatakan, kenyamanan dan keamanan pribadi merupakan faktor yang terlebih dahulu harus dipikirkan. Setiap akan berkendara, cek oli mesin apakah masih berada di batas normal. Biasakan memanaskan mesin terlebih dahulu, dan lebih pentingnya lagi adalah mengecek kondisi angin pada ban.

"Cek oli, panaskan mesin kurang lebih 3 menit,  dan cek kondisi ban, sebelum mulai berkendara. Jika hal tersebut rutin dilakukan maka motor akan awet," ujar Pardiono kepada Otomania, Jumat (24/4/2015).

Kemudian, kata Pardiono, untuk setiap kilometer tertentu ada bagian yang harus diganti ataupun diperiksa ke bengkel, agar nantinya motor tidak bermasalah saat dikendarai.

"Busi hendaknya diganti tiap 8.000 km , kemudian filter udara tiap 16.000 km, oli diganti tiap 2.000-3.000 km atau sekitar 2 sampai 3 bulan, serta khusus untuk matik pastikan CVT diperiksakan jika sudah mencapai 8.000 km," tutur Pardiono.

"Tidak perlu takut akan ada masalah dijalan, jika perawatan rutin terus diperhatikan," tutup Pardiono.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Azwar Ferdian

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa