Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mencari Alternatif Pengganti BBM

Aris F Harvenda - Minggu, 19 April 2015 | 16:57 WIB
Sydney, Otomania - Bahan bakar fosil dipastikan akan terus menipis dan habis. Beberapa ilmuwan, khususnya dalam industri otomotif, terus mencari alternatif terbaik sebagai pengganti bahan bakar minyak. Selain tenaga listrik, bahan bakar hidrogen (fuel cell), juga dianggap sebagai pilihan utama. Tapi, masih banyak kendala dalam pengembangan teknologi fuel cell.

Sekelompok peneliti dari Australian National University (ANU), menemukan cara yang rapi dalam menciptakan hidrogen paling sederhana. Proses yang didapat dengan meniru sistem fotosintesis daun dalam menciptakan hidrogen.

Daun menggunakan sinar matahari dan air, yang kebetulan dua faktor tersebut sangat berlimpah di planet ini. Tapi, masih dibutuhkan protein khusus sebagai komponen ketiga. Ketika protein khusus tersebut terkena cahaya matahari, akan menimbulkan detak jantung aliran listrik yang merupakan kunci untuk fotosintesis. Cara ini ditiru untuk menghasilkan sumber tenaga penggerak.

Protein khusus tersebut merupakan versi modifikasi dari Feritin, protein yang dapat ditemukan dalam semua organisme hidup. Protein berperan untuk menyimpan zat besi, tetapi tim ANU menggantinya dengan "mangan". Zat bekerja mirip dengan metode pemisahan air, yang digunakan dalam fotosintesis pada daun.

"Teknologi ini pada dasarnya akan tanpa batas berkelanjutan. Sinar matahari luar biasa melimpah dan air ada di mana-mana. Itu menjadi bahan baku dalam membuat bahan bakar, dan pada akhir siklus kembali menggunakan air," kata Profesor Ron Pace, seperti dilansir Autoevolution, beberapa waktu silam.

Bagian terbaik dalam pengembangan ini adalah, proses fotosintesis ini juga mampu menangkap zat CO2 dari atmosfer. Sehingga ada keuntungan ganda dalam menggunakan bahan bakar hidrogen.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa