Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Koran Bisa Diolah Jadi Bahan Bakar Alternatif

Aris F Harvenda - Jumat, 17 April 2015 | 11:05 WIB
New Orleans, Otomania — Saat ini banyak kalangan mengandalkan media online untuk mendapatkan informasi. Kendati demikiani koran tetap diminati jutaan orang di dunia. Untungnya kertas koran bekas bisa didaur ulang. Paling baru, Tulane University, New Orleans, Lousiana, AS, menemukan cara untuk mengubah kertas koran bekas menjadi biofuel.

Dr Harshad Velankar bersama tim menemukan bakteri dari koran lama—disebut TU-103—yang bisa mengubah kertas koran menjadi butanol. Fungsinya bisa jadi bahan bakar untuk menggerakkan mesin, termasuk mobil. Bakteri ini pertama kali ditemukan pada kotoran binatang yang secara organik berubah menjadi butanol dengan cara khusus.

Dengan bantuan oksigen, bakteri tersebut bersatu dengan material selulosa organik pada kertas, lalu menjadi bahan bakar. Dengan mengubah material selulosa organik menjadi bio-butanol, ilmuwan di universitas tersebut memprediksi, pada masa depan ketergantungan terhadap bahan bakar fosil akan berkurang.

Keuntungan lain, bio-butanol bisa langsung terbakar habis, yang artinya jauh mengurangi emisi. Mengonversi koran menjadi bio-butanol juga secara drastis akan mengurangi sampai jutaan ton koran. Artinya, sangat sanggup mencukupi kebutuhan bahan bakar penduduk dunia.

Terlebih, bio-butanol bisa digunakan pada mobil tanpa harus melakukan adaptasi karena bisa terbakar mirip dengan pembakaran bensin. Inilah bahan bakar alternatif yang hampir mendekati bensin.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa