Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Ban yang Mampu Hasilkan Energi Listrik

Aris F Harvenda - Senin, 16 Maret 2015 | 10:20 WIB
No caption
No credit
No caption

Geneva, Otomania - Produsen ban merek Goodyear menciptakan terobosan baru pada ajang Geneva Motor Show 2015, dengan mengenalkan tipe BH-03. Karet bundar baru tersebut diklaim sanggup menghasilkan listrik untuk membantu aki mengaktifkan sejumlah komponen mobil.

Ditunjang dengan teknologi thermo-piezoelectric yang ada di dalam ban. Dengan teknologi tersebut, panas yang ditimbulkan karena putaran ban dimanfaatkan untuk mengisi ulang aki untuk mobil hybrid atau mobil listrik. Bahkan, ban juga bisa menyerap panas matahari bahkan saat parkir sekalipun untuk diubah menjadi listrik.

Teori ini memang baik, namun beberapa pengamat teknologi justru mencibir. Dikatakan bahwa energi yang yang dihasilkan cukup kecil. Namun Goddyear membalik dengan mengatakan bahwa lebih baik ada energi yang dihasilkan daripada tidak sama sekali.

FoxnewsEnergi panas dari ban diubah menjadi listrik.

Konsep lain yang dihadirkan adalah TripleTube. Ini adalah ban dengan tiga lapisan yang mempunyai tekanan angin berbeda-beda. Fungsinya, ban akan menyesuaikan dengan kondisi jalan berdasarkan sensor. Misalnya, saat jalan basah, salah satu lapisan akan menggembungkan bagian tapak tengah agar kemungkinan aquaplanning semakin tipis.

Meski demikian, tidak ada satu konsep pun yang direncanakan untuk masuk jalur produksi. Kendati demikian Goodyear berkeyakinan, apa yang mereka sajikan sekarang pada waktunya nanti akan dibutuhkan sebagai solusi mobil listrik dan pintar di masa depan.

 

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa