Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menggeber Harley-Davidson Street 500 di Sirkuit Kecil Sentul

Aris F Harvenda - Sabtu, 14 Maret 2015 | 11:45 WIB
Bogor, Otomania – Biasanya Harley-Davidson sangat identik dengan mesin kubikasi besar, suara menggelegar, dan model klasik. Namun untuk tipe terbaru, Street 500, punya dimensi dan kubikasi lebih kecil. Tentu saja hal ini memunculkan rasa penasaran. Apakah karakternya sama dengan H-D pada umumnya?

Salah satu cara untuk membuktikan adalah test ride. Lokasi pengetesan dipilih sirkuit kecil (karting) di Sentul, Bogor, Jawa Barat, (23/2/2015) yang difalitasi oleh Harley-Davidson Indonesia.

Uraian tes kali merupakan artikel yang dilansir KompasOtomotif yang menjadi bagian dari kegiatan ini, dan melesat beberapa putaran untuk mengenali karakternya. Saat menunggangi untuk pertama kali, kesan yang diberikan sesuai dengan filosofi diciptakannya model ini, yakni untuk pengendaraan sehari-hari (urban living).

Posisi duduk rendah, menjadikan kaki bisa menapak sempurna. Area tangki melebar, sehingga posisi duduk mengangkang, layaknya model Harley lain. Setang mudah diraih dan tak terlalu tinggi. Bisa dibayangkan, posisi duduk seperti ini cukup menjanjikan kenyamanan saat digunakan di sela macet kota besar.

Suara

Jangan bayangkan suara menggelegar khas dari Harley-Davidson. Sensasi suaranya berbeda, lebih ”sopan” dan tak terlalu galak. Hal ini karena penerapan teknologi mesin RevolutionX V-Twin Engine yang juga dipakai V-Rod. Namun saat knalpot standar diganti versi performance, aura Street 500 berubah drastis menjadi garang.

Akibatnya, aura asli H-D sedikit mengendur. Kembai lagi, sesuai tujuan awal, diciptakan sebagai ikon harian, bukan touring atau cruising. Meski Mabua menggaransi bahwa pembeli model seharga Rp 219 juta off the road ini tetaplah pemilik Harley-Davidson, yang akan mendapatkan perlakuan dan garansi yang sama.

Kesimpulan

Sepeda motor ini menjanjikan pengendaraan yang nyaman untuk digunakan di perkotaan. Namun untuk yang mendambakan karakter menggelegar Harley-Davidson, harus ditambahkan peranti "performance" demi kepuasan.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa