Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Memahami Fungsi Panel "Eco" di Yamaha Mio M3

Aris F Harvenda - Jumat, 13 Maret 2015 | 10:51 WIB
Jakarta, Otomania - Indikator Eco menjadi salah satu kelengkapan yang diunggulkan pada Yamaha Mio M3 125. Indikator yang menginformasikan pengendaraan hemat bahan bakar ini merupakan yang pertama di kelasnya. Mirip yang diterapkan pada mobil-mobil masa kini untuk menjaga pengemudi tetap berkendara lebih efisien.

Ada lampu hijau di ujung kiri atas panel Mio M3 125. Lampu indikator tersebut akan menyala saat sepeda motor dikendarai dengan metode irit bahan bakar. Artinya, pengendara dituntut untuk mencari putaran mesin yang pas demi konsumsi bahan bakar yang irit.

Untuk memberikan pengalaman itu, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengajak beberapa jurnalis untuk lebih mengeksplor indikator eco tersebut dalam Fun Eco Riding City Tour. Ada 12 wartawan otomotif diminta mengendarai Mio M3 berkeliling Jakarta.

Start dari Yamaha DDS Jakarta Cempaka Putih, rombongan bergerak sejauh 52 km lewat Kemayoran, Ahmad Yani, Gatot Soebroto, Pasar Minggu, Lenteng Agung, dan berakhir di Universitas Pancasila, salah satu spot diselenggarakannya kegiatan Mio M3 Challenge Mesin Nyala Nonstop 30 hari.

Dari hasil uji coba, KompasOtomotif merasa sangat terbantu untuk mencapai konsumsi bahan bakar irit. Lampu hijau akan menyala saat putaran mesin berada di kisaran bawah-menengah. Kecepatan rata-rata lampu menyala antara 20-70 kpj.

Agar tetap menyala, pengendaraan dituntut sehalus mungkin. Sebisa mungkin handle gas tidak diputar spontan. Dengan begitu saja, Mio M3 125 dengan mesin Blue Core suduh cukup agresif untuk pengendaraan dalam kota.

Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran YIMM, mengatakan bahwa agenda ini bukan hanya melihat indikasi keiritan semata, melainkan ada fungsi lain, yaitu sebagai pengingat bahwa Eco Riding juga berarti berkendara nyaman dan aman, dan pastinya bisa menyenangkan.

"Terbukti dengan berkendara secara eco riding mengikuti eco indicator, pengendara tidak ugal-ugalan di jalan dan mengutamakan keamanan dan kenyamanan antarsesama pengguna jalan," tukas Masykur.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa