Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menguji Performa Mesin dan Stabilitas Honda Vario Baru

Aris F Harvenda - Jumat, 13 Maret 2015 | 10:46 WIB
Jakarta, Otomania - Hal yang cukup jadi pertimbangan konsumen ketika hendak membeli sepeda motor baru adalah performa mesin dan stabilitas saat manuver. Apalagi Honda Vario terbaru sudah menggunakan teknologi eSP. Lantas bagaimana hasilnya? Berikut ulasan yang berhasil dihimpun oleh KompasOtomotif.

Ekspekstasi awal, tak beda jauh dengan pendahulunya. Namun setelah dirasakan, ada beberapa poin yang berbeda. Saat digeber, tarikan enteng khas Vario 125, namun entakan tak spontan seperti model lama. Kendati demikian, saat berada di putaran menengah, torsi besar mulai terasa. Keuntungannya, untuk stop and go akan lebih halus dan tidak mengentak, terutama saat macet.

Berbeda dengan varian 150cc. Karakter memang hampir sama, namun di putaran bawah lebih terasa spontan. Tenaga besar dari mesin 4-tak SOHC berpendingin cairan itu cukup bisa diandalkan untuk pengendaraan jarak jauh yang membutuhkan tenaga besar.

Manuver

Untuk mengendalikan skutik ini tidak butuh usaha yang besar. Honda berhasil memberikan kemudahan saat menikung. Kestabilan dibutuhkan untuk skutik dengan pelek berdiameter kecil. Ukuran ban pun diperlebar. Akibatnya, untuk berbelok jauh lebih ”tenang”.

Semua tipe kini dilengkapi dengan Combi Brake System (CBS) untuk menambah unsur kenyamanan. KompasIOtomotif merasa terbantu saat melakukan pengereman di jalanan basah. Pengendara tak perlu menyeimbangkan tangan kiri dan kanan untuk rem. Cukup tarik tuas rem kiri, ban belakang dan depan akan direm sekaligus dengan distribusi kekuatan yang sudah diatur.

Selain CBS, tipe Vario 125 bisa dipilih menggunakan idling stop system (ISS) atau tidak. Sementara untuk tipe 150, semua fitur sudah lengkap, termasuk penggunaan Answer Back System untuk mempermudah pencarian sepeda motor di parkiran.

Kesimpulan

Harga memang naik cukup jauh dibandingkan model lama. Namun dengan performa dan fitur yang didapat, Vario baru bisa dijadikan pilihan untuk kendaraaan di segmen menengah.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa