Ini Fungsi "Bearing" pada Roda

Ghulam Muhammad Nayazri - Sabtu, 14 November 2015 | 08:41 WIB

Jakarta, Otomania – Salah satu komponen kendaraan yang tidak boleh luput dari perhatian pemilik, terutama sepeda motor, adalah bearing pada roda. Jika diabaikan, besi bulat kecil ini tidak befungsi maksimal, ujungnya putaran roda berat karena gaya gesek yang terhambat.

Pada dasarnya, fungsi bearing adalah menjaga agar poros ban (as roda) tidak langsung bergesekan dengan rumah (roda). Komponen ini juga didesain minim friksi, sehingga ketika roda berputar bisa terjaga stabil.

"Fungsi bearing itu sebenarnya untuk mengurangi gesekan dari suatu putaran. Sehingga membuat putaran roda menjadi lancar," ujar Budi Nugroho, Kepala Mekanik Honda Palmerah Motor kepada Otomania, Rabu (4/11/2015).

Budi menambahkan, jadi fungsinya untuk mengurangi hambatan putaran. Ujungnya, adalah level keborosan suatu sepeda motor bisa lebih irit atau sebaliknya boros. Jadi makin efisien penggunaan bahan bakar minyak (BBM), karena putaran yang lebih ringan.

"Meski kecil, manfaatnya sunguh luar biasa. Jadi jangan remehkan komponen ini. Harap untuk diperhatikan dan dirawat baik-baik. Karena jika berkarat maka membuatnya cepat rusak," ujar Budi.
Editor : Agung Kurniawan

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA