Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Larangan Berkendara pada 2 Januari 2018, Percaya Atau Tidak?

Irsyaad Wijaya - Jumat, 15 Desember 2017 | 14:20 WIB
kenapa saat bulan purnama dilarang berkendara?
bobo.grid.id
kenapa saat bulan purnama dilarang berkendara?

Otomania.com- Baru-baru ini beredar sebuah kabar atau pengumuman untuk semua orang di Dunia. Pengumuman tersebut dikeluarkan oleh British Medical Journal (BMJ), yaitu jurnal medis atau kedokteran Britania.

Dalam pengumumnanya (BMJ) mengimbau untuk menghindari berkendara pada malam 2 Januari 2018 mendatang. Alasannya (BMJ) memperkirakan pada malam itu, kejadian kecelakaan fatal akan meningkat 5 persen dibanding dengan malam lainnya.

Penyebabnya terkait dengan kondisi alam saat itu akan terjadi full moon alias bulan purnama yang sangat dekat dengan bumi.

(BACA JUGA: Liku Hidup dan Karir Balap Rossi Dalam Satu Buku)

Dalam laporannya di British Medical Journal, Donald Redelmeier dan Eldar Shafir menerangkan sejak 1975 hingga 2014 telah terjadi 494 full moon. Kurun waktu tersebut telah terjadi 4.494 kecelakaan fatal di saat full moon.

"Artinya dalam setiap full moon terjadi 9,1 kali kecelakaan fatal dari malam hingga pagi," Tutur Donald Redelmeier dan Eldar Shafir yang meneliti di Amerika Serikat Dilansir dari .

Sedangkan pada malam biasa, ratio kecelakaan lebih kecil yakni 8,6 kecelakaan fatal. Tak diketahui penyebab pastinya, mungkin pengendara terganggu karena fokus menatap bulan.

(BACA JUGA: 10 Mobil Terlaris November 2017, Xpander Sodok 4 Besar)

Atau mungkin juga karena tanggal 2 Januari merupakan hari pertama setelah libur panjang tahun baru. Disarankan gunakan bus untuk menuju ke rumah!

Percaya tau tidak? Tergantung penilaian Anda.

Editor : Donny Apriliananda
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa