Helm Bau Apek? Begini Cara Membersihkannya

Minggu, 19 November 2017 | 09:10 WIB
Jangan biasakan menaruh helm di atas tangki
Ruslan Abdul Gani
Jangan biasakan menaruh helm di atas tangki

Toronto, Otomania — Pelindung kepala (helm) sering mengalami kondisi basah, kotor, lembab, dan bau apek jika terus dipakai. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu saat digunakan.

Agar terbebas dari hal tersebut, perawatan rutin diperlukan untuk menghindari munculnya bau apek. Caranya mudah, hanya dibersihkan dengan air hangat dan cairan pembersih.

Siapkan peralatan seperti sikat gigi, cotton bud, kain bersih, busa, dan produk pembersih. Ikuti langkah untuk membersihkan di bawah ini.

1. Beberapa bagian helm akan dilucuti, bila yakin sulit memasang kembali, foto pakai ponsel di bagian luar dan dalam untuk acuan pemasangan.

2. Bongkar seluruh bagian pada helm secara perlahan. Beberapa pabrikan biasanya sudah menyertakan cara melepas komponen di buku manual. Jika pertama kali melakukan, sebaiknya hati-hati, lepaskan hanya bagian yang mudah. Kemudian letakkan dengan rapi semua bagian agar lebih mudah saat pemasangan.

3. Biasanya, bantalan pipi bisa dilepas. Setelah itu, siram cangkang helm dengan air hangat, lalu cuci dengan bantuan sedikit sampo bayi. Gosok perlahan, lalu bilas, ulangi beberapa kali sampai semua kotoran rontok. Kerjakan hal yang sama pada bantalan pipi.

4. Keringkan helm di tempat yang sejuk. Jika ingin selesai lebih cepat, disarankan menggunakan kipas angin, jangan pengering rambut.

5. Usap kaca depan dengan kombinasi kain bersih dengan permukaan lembut (mikrofiber), air hangat, dan sedikit sabun. Utamakan memakai jari untuk membuang kotoran agar meminimalisasi kemungkinan lecet. Biarkan kering tanpa alat bantuan.

6. Untuk membersihkan permukaan bagian luar, Jika sudah kering, cukup pakai air, jangan gunakan cairan kimia sebab bisa mengikis lapisan kilap. Gunakan cotton bud dan sikat gigi untuk membersihkan area yang sulit terjangkau. Ulangi semua langkah beberapa kali hingga benar-benar bersih.

7. Rakit kembali helm dengan benar. Jika kurang yakin, gunakan foto sebagai acuan. Tidak perlu terburu-buru, pastikan semuanya terpasang dengan baik.

Editor : Aris F Harvenda
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA