Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Helm Bau Apek? Begini Cara Membersihkannya

Aris F Harvenda - Minggu, 19 November 2017 | 09:10 WIB
Jangan biasakan menaruh helm di atas tangki
Ruslan Abdul Gani
Jangan biasakan menaruh helm di atas tangki

Toronto, Otomania — Pelindung kepala (helm) sering mengalami kondisi basah, kotor, lembab, dan bau apek jika terus dipakai. Tentunya hal tersebut sangat mengganggu saat digunakan.

Agar terbebas dari hal tersebut, perawatan rutin diperlukan untuk menghindari munculnya bau apek. Caranya mudah, hanya dibersihkan dengan air hangat dan cairan pembersih.

Siapkan peralatan seperti sikat gigi, cotton bud, kain bersih, busa, dan produk pembersih. Ikuti langkah untuk membersihkan di bawah ini.

1. Beberapa bagian helm akan dilucuti, bila yakin sulit memasang kembali, foto pakai ponsel di bagian luar dan dalam untuk acuan pemasangan.

2. Bongkar seluruh bagian pada helm secara perlahan. Beberapa pabrikan biasanya sudah menyertakan cara melepas komponen di buku manual. Jika pertama kali melakukan, sebaiknya hati-hati, lepaskan hanya bagian yang mudah. Kemudian letakkan dengan rapi semua bagian agar lebih mudah saat pemasangan.

3. Biasanya, bantalan pipi bisa dilepas. Setelah itu, siram cangkang helm dengan air hangat, lalu cuci dengan bantuan sedikit sampo bayi. Gosok perlahan, lalu bilas, ulangi beberapa kali sampai semua kotoran rontok. Kerjakan hal yang sama pada bantalan pipi.

4. Keringkan helm di tempat yang sejuk. Jika ingin selesai lebih cepat, disarankan menggunakan kipas angin, jangan pengering rambut.

5. Usap kaca depan dengan kombinasi kain bersih dengan permukaan lembut (mikrofiber), air hangat, dan sedikit sabun. Utamakan memakai jari untuk membuang kotoran agar meminimalisasi kemungkinan lecet. Biarkan kering tanpa alat bantuan.

6. Untuk membersihkan permukaan bagian luar, Jika sudah kering, cukup pakai air, jangan gunakan cairan kimia sebab bisa mengikis lapisan kilap. Gunakan cotton bud dan sikat gigi untuk membersihkan area yang sulit terjangkau. Ulangi semua langkah beberapa kali hingga benar-benar bersih.

7. Rakit kembali helm dengan benar. Jika kurang yakin, gunakan foto sebagai acuan. Tidak perlu terburu-buru, pastikan semuanya terpasang dengan baik.

Editor : Aris F Harvenda

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa