Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kendala Isi Daya Sepeda Motor Listrik di SPLU

Febri Ardani Saragih - Kamis, 8 Juni 2017 | 16:25 WIB
Skuter listrik Viar Q1
Febri Ardani/Otomania.com
Skuter listrik Viar Q1

Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU bisa digunakan buat cas motor listrik
Febri Ardani/Otomania.com
Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU bisa digunakan buat cas motor listrik
Jakarta, Otomania.com – Sikap positif PLN Distribusi Jakarta Raya memfasilitasi pengisian ulang energi sepeda motor listrik melalui Stasiun Penyedia Listrik Umum (SPLU) bisa diapresiasi. Namun, masih banyak kendala yang harus dicarikan solusinya agar SPLU populer buat otomotif.

SPLU diluncurkan pada tahun lalu buat memfasilitasi pedagang kaki lima dan masyarakat umum biar mendapat aliran listrik yang legal dan aman. Saat ini, seperti dikatakan Manajer Niaga dan Pelayanan Pelanggan PLN Disjaya Leo Basuki, jumlah SPLU sudah mencapai 479 unit yang menyebar di Jakarta.

Masalah buat pemilik motor listrik adalah waktu cas baterai yang sangat lama. Misalnya, buat skuter listrik Viar Q1 yang baru saja meluncur, butuh waktu 5 – 7 jam untuk mengisi baterai dari nol sampai 100 persen.

Lama pengecasan bikin motor harus ditinggal. Lantas bagaimana keamanannya kalau motor dibiarkan berada di tempat umum tanpa pengawasan pemilik dan tidak ada jaminan aman? Apalagi, mengingkat tujuan SPLU buat pedagang, lokasinya kebanyakan di pasar atau pusat perbelanjaan.

Kebiasaan 

Leo menjelaskan soal cas motor listrik hanya masalah kebiasaan, lain dari cara konvensional menukar uang dengan bensin. Selain itu dia mengatakan motor listrik tidak harus tunggu energi baterai habis lalu cas seperti kebiasaan motor bensin ke SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

“Nanti kami ke tempat-tempat parkir akan kami lengkapi dengan SPLU. In hanya faktor kebiasaan saja, (motor listrik) bukan begitu habis harus diisi,” kata Leo. 

Editor : Azwar Ferdian

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa