Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

BPJT Rilis Aplikasi Digital untuk Bantu Pemudik di Jalan Tol, Fiturnya Membantu Banget

Harun Rasyid,Naufal Nur Aziz Effendi - Selasa, 21 Maret 2023 | 10:00 WIB
BPJT rilis aplikasi Tol Kita untuk bantu pemudik di jalan tol.
Kompas.com
BPJT rilis aplikasi Tol Kita untuk bantu pemudik di jalan tol.

Otomania.com - Jelang bulan Ramadan, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR merilis aplikasi 'Tol Kita' untuk mendukung kebutuhan pengguna kendaraan dalam arus mudik maupun arus balik.

Sebab aplikasi Tol Kita, berisi segala informasi yang dapat dimanfaatkan pengguna mobil di jalan tol dalam jalur mudik 2023.

Hal ini disampaikan oleh Danang Parikesit, selaku Kepala BPJT dalam keterangan resminya. 

BPJT memastikan keberfungsian CCTV, VMS, VMS Mobile, RTMS, Radio komunikasi untuk memonitor kondisi lalu lintas dan percepatan informasi. Juga terdapat aplikasi dari masing-masing BUJT untuk informasi seputar Jalan Tol dan tarif tol yang tersedia," ucapnya dalam rilis resmi BPJT, Minggu (19/3/2023).

Lebih lengkapnya, aplikasi Tol Kita akan menampilkan berbagai estimasi tarif jalan tol dari titik asal perjalanan hingga sampai ke tujuan.

Selain itu ada juga informasi seputar rest area dan layanannya, serta CCTV di jalan tol untuk memantau lalu lintas secara real time.

Kemudian ada juga layanan call center 24 jam, update informasi dan pemberitaan jalan tol, info prakiraan cuaca, dan juga terkoneksi dengan aplikasi info tol dari para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

Lebih lanjut, Danang juga menyatakan data kecelakaan lalu lintas saat periode mudik Lebaran 2022 silam.

Misalnya di Tol Trans Jawa, terdapat 7,16 persen kecelakaan dan 4,72 persen korban meninggal dunia. Sedangkan di Jalan Tol Trans Sumatera, terdapat 9,68  persen kecelakaan dan 12,5 persen korban meninggal dunia.

Baca Juga: Akhirnya Jadi Tahu, Ini Arti Rambu Jalan Tol Warna Biru, Hijau, Merah sampai Cokelat

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa