Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bisakah Oli Mesin Dipakai untuk Oli Transmisi Mobil Matic? Begini Jawaban Pakar

Naufal Shafly,Harun Rasyid - Senin, 20 Februari 2023 | 10:00 WIB
Ilustrasi oli mesin mobil. Apakah bisa digunakan untuk oli transmisi mobil matic?
GridOto.com
Ilustrasi oli mesin mobil. Apakah bisa digunakan untuk oli transmisi mobil matic?

Otomania.com - Pemilik mobil matic pasti tahu kalau transmisi dan mesin memilik oli tersendiri yang perlu diganti secara periodik.

Tujuannya penggantian oli ini, demi menghindari kerusakan mesin maupun transmisi di mobil matic akibat gesekan antar komponen di dalamnya.

Atas kesamaan fungsi pelumasan yang mirip ini, timbul pertanyaan apakah oli mesin bisa digunakan sebagai oli transmisi mobil matic?

Mengenai hal tersebut, Ahli Konversi Energi Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB), Tri Yuswidjajanto Zaenuri coba menjelaskan jawabannya.

Ia menyatakan, oli mesin tidak bisa digunakan untuk melumasi transmisi mobil matic karena ada perbedaan pada komposisinya.

"Pertama, tingkat kekentalannya jauh berbeda. Oli transmisi otomatis itu biasanya lebih encer ketimbang oli mesin," ucap pria yang biasa disapa Yus beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan, perbedaan viskositas atau tingkat kekentalan ini karena tugas oli mesin dan oli transmisi yang tidak sama.

"Kalau oli transmisi prinsipnya adalah dia harus bisa mengurangi gesekan, baik gesekan antar gigi maupun gesekan di bearing. Supaya risiko losses-nya (ngelos/slip) kecil, makanya harus pakai oli encer," terang Yus.

Bukan cuma itu, zat aditif dan kandungan yang ada di kedua jenis oli ini juga jauh berbeda.

Baca Juga: Anjuran Ganti Oli Transmisi Mobil Matic CVT dari Bengkel Spesialis, Intervalnya Jangan Kelamaan

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa