Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Ini Poin Keselamatan yang Dicek Dishub di Bus, Sopir Juga Kena Sentil Demi Kebaikan

Parwata - Selasa, 13 Desember 2022 | 06:00 WIB
Poin Keselamatan yang Dicek Dishub di bus Pariwisata, AKAP, dan AKDP.
KOMPAS.com/Muchammad Dafi Yusuf
Poin Keselamatan yang Dicek Dishub di bus Pariwisata, AKAP, dan AKDP.

Otomania.com - Ternyata Ini Poin Keselamatan yang Dicek Dishub di Bus, Sopir Juga Kena Sentil Demi Kebaikan.

Seperti yang telah rutin dilakukan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang menyelenggarakan ramp check atau uji kelayakan bus.

Penyelenggaraan uji kelayakan bus pariwisata, AKAP, dan AKDP, dilakukan pada Jumat (9/12/2022) jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 sebagai antisipasi kasus kecelakaan bus yang sering terjadi.

Petugas melakukan sidak ke beberapa pool dan Perusahaan Otobus (PO) di Kaligawe dan lainnya.

Dede Bambang Hartono, selaku Kabid Angkutan Umum Dishub Kota Semarang mengatakan, ramp check jadi agenda rutin yang dilakukan, terutama menjelang hari-hari besar dan libur panjang seperti Idul Fitri, Natal dan Tahun Baru.

"Rutin jelang libur nasional. Karena saat libur panjang, animo masyarakat yang menggunakan transportasi bus dan berwisata cukup tinggi," kata Dede, dalam keterangan yang diterima Jumat, (9/12/2022).

Menurutnya, kesiapan armada, SDM, dan sarana pendukung, sebagai bagian dari tanggung jawab Dinas Perhubungan menjamin angkutan umum yang aman dan nyaman.

Petugas Dishub, memeriksa kelaikan armada berdasarkan beberapa poin keselamatan, diantaranya fungsi rem, lampu, klakson, wiper, ban, dan lain sebagainya.

Selain itu, Dinas Perhubungan Kota Semarang juga mengimbau pengusaha layanan otobus (PO) benar-benar selektif menugaskan pengemudi saat musim liburan.

Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang melakukan sidak bus AKAP, AKDP, dan Pariwisata yang akan beroperasi pada libur natal dan tahun baru (Nataru) 2023.
Dicky Aditya Wijaya
Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang melakukan sidak bus AKAP, AKDP, dan Pariwisata yang akan beroperasi pada libur natal dan tahun baru (Nataru) 2023.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa