Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Fungsi Pompa Oli Mobil dan Jenisnya Menurut Otoklix

ADV PI - Rabu, 12 Oktober 2022 | 11:00 WIB
Flash Sale 10.10 Servis Ganti Oli Shell dari Otoklix.
Dok. Otoklix
Flash Sale 10.10 Servis Ganti Oli Shell dari Otoklix.

Salah satu komponen yang tak kalah penting dari pelumas kendaraan yakni pompa oli mobil. Fungsi utama pompa oli mobil adalah memberikan tekanan pada mobil dengan cara mengisap dan menyalurkan oli ke mesin.

Seperti diketahui, cara kerja pompa oli mobil dimulai dari oli yang melewati stainer atau penyaring di dalam bak oli. Fungsi strainer menyaring kotoran berukuran besar agar tidak masuk ke pompa oli.

Kemudian, oli melewati filter oli sebagai penyaring kotoran yang lebih kecil dan halus. Sehingga oli yang masuk ke mesin adalah oli yang benar-benar bersih dan langsung disalurkan ke seluruh komponen mesin.

Sementara pompa oli bekerja berdasarkan putaran mesin dari crankshaft, camshaft, tetapi ada juga yang diputar oleh timing belt. Ketika mesin dalam kondisi idle, pompa oli mobil tetap bekerja meskipun tekanan oli rendah.

Pompa oli mobil rusak, ini tanda-tandanya

Penting bagi pemilik kendaraan untuk merawat pompa oli mobil secara berkala di bengkel supaya terhindar dari kerusakan. Jika pompa oli mobil sudah rusak, ada banyak masalah yang ditimbulkan. Berikut adalah masalah yang terjadi apabila pompa oli mobil rusak.

Baca juga: Bahan Dasar Oli Mesin ada Mineral, Sintetis, dan Semi Sintetis, Mana Yang Lebih Baik?

  1. Tekanan oli rendah

Pompa oli yang bermasalah akan membuat tekanan oli menjadi rendah. Kamu bisa melihat perubahan tekanan oli ini pada indikator oli pada dashboard mobil. Penyebab tekanan oli yang rendah ini bisa karena pompa oli yang bermasalah atau karena volume oli yang berkurang. Kalau dicek dan volume oli normal, artinya masalah terdapat pada pompa oli.

  1. Meningkatnya suhu mesin

Oli yang tidak dapat bersirkulasi dengan baik di dalam mesin tidak akan berfungsi maksimal sebagai pendingin. Akan terjadi gesekan dan membuat suhu mesin menjadi tinggi. Peningkatan suhu mesin atau overheat ini juga bisa kamu lihat pada dashboard mobil.

  1. Suara kasar dari perangkat hidrolik

Perangkat hidrolik pada mobil butuh pelumas yang baik agar bekerja maksimal dan suaranya terdengar halus. Tetapi ketika pompa oli mobil rusak, perangkat hidrolik ini juga akan terdengar kasar ketika mobil digunakan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa