Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mobil Terendam Banjir, Begini Cara Memastikan Mesin Kemasukan Air atau Tidak

Parwata - Sabtu, 8 Oktober 2022 | 17:15 WIB
Begini cara memastikan mesin kemasukan air atau tidak , setelah terendam banjir (Foto Ilustrasi )
Radityo Herdianto / GridOto.com
Begini cara memastikan mesin kemasukan air atau tidak , setelah terendam banjir (Foto Ilustrasi )

Otomania.com - Ada cara yang dapat dilakukan untuk mengetahui mesin mobil kemasukan air atau tidak setelah terendam banjir.

Ketika memberikan pertolongan awal untuk mobil yang terendam banjir, maka mesin tidak boleh dinyalakan secara langsung.

Melainkan harus diperiksa terlebih dulu air sudah masuk ke ruang bakar atau belum. Lantas bagaimana cara memastikan mesin mobil kemasukan air atau tidak?

Pemilik Sriyatin Car Spesialis Nissan & Datsun Agus Setiawan, mengatakan, pertolongan awal untuk mobil yang terendam banjir bisa sangat kompleks, salah satunya memastikan air sudah masuk ke mesin atau belum.

“Ada banyak yang harus diperiksa sebelum mesin boleh dinyalakan, tapi untuk memastikan air sudah masuk ke mesin atau belum ada beberapa langkah yang bisa dilakukan di rumah, mulai dari memeriksa dipstick oli,” kata Agus kepada Kompas.com, Jumat (7/10/2022).

Agus mengatakan dengan melihat dipstick maka akan ketahuan kondisi oli mesin mobil atau pun transmisi sudah tercampur air atau belum.

“Jika air sudah masuk ke mesin atau transmisi, maka warna oli yang menempel di dipstick akan berbeda dari biasanya, menjadi lebih pucat seperti susu, dan ketika dipegang seperti minyak lemak terkena air,” jelasnya.

Ia mengatakan selain dari warna, air identik dengan tidak bisa menyatu dengan oli, sehingga ketika dipstick ditarik akan terlihat bercak air.

“Kalau ada tanda bercak air, itu sudah cukup kuat menjadi bukti bahwa air sudah tercampur di mesin, khususnya di ruang oli,” tegas Agus.

Baca Juga: Catat, Kolong Mobil Matic Rawan Jadi Sarang Penyakit Sehabis Terjang Banjir, Begini Cara Mengatasinya

Editor : Dimas Pradopo
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa