Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Nangis, Harga Baru Pertalite Disebut Jadi Rp 10 Ribu per Liter, Pertamina Buka Suara

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 18 Agustus 2022 | 16:00 WIB
Ilustras. Muncul kabar harga Pertalite naik menjadi Rp 10 ribu per liter, begini tanggapan Pertamina.
Kompas Image/Kristianto Purnomo
Ilustras. Muncul kabar harga Pertalite naik menjadi Rp 10 ribu per liter, begini tanggapan Pertamina.

Otomania.com - Bikin Nangis, Harga Baru Pertalite Disebut Jadi Rp 10 Ribu per Liter, Pertamina Buka Suara.

Penyaluran Pertalite belakangan ini terlihat makin diperketat, contohnya saat uji coba pendaftaran MyPertamina untuk pemilik mobil yang menggunakan BBM subsidi.

Kemudian, sekarang justru malah muncul sinyal kenaikan harga Pertalite dalam waktu dekat yang disampaikan Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

Menurutnya, harga Pertalite akan naik menjadi Rp 10.000 per liter, atau meningkat Rp 2.350 dari posisi saat ini Rp 7.650 per liter.

Namun kata Bahlil, angka kenaikan tersebut masih belum pasti.

"Rasa-rasanya si untuk menahan terus dengan harga BBM seperti sekarang, feeling saya sih harus kita siap-siap, kalau katakanlah kenaikan BBM itu terjadi," kata Bahlil beberapa waktu lalu.

Bahlil hanya menyebut, beban subsidi diproyeksikan membengkak hingga Rp600 triliun pada akhir 2022 karena lonjakan harga energi di global, tetapi negara memiliki keterbatasan fiskal di tengah harga rata-rata minyak mentah dunia yang mencapai 105 dollar AS per barrel.

Menyikapi kabar Pertalite akan naik menjadi Rp 10.000 per liter, pihak Pertamina tidak dapat berkomentar jauh dan mengungkap harga keekonomian Pertalite.

"Untuk harga BBM subsidi merupakan kewenangan dari pemerintah. Kami sebagai operator akan melaksanakan apa yang menjadi penugasan dari regulator," kata Pjs. Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting kepada Tribunnews.

Baca Juga: Lega, Pemerintah Berlakukan Pemutihan Pajak Kendaraan 2022 hingga Akhir Tahun, Ini Jenis Keringanannya

Namun, dirinya berharap revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 191 tahun 2014 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Harga Jual Eceran Bahan Bakar Minyak (BBM) beserta petunjuk teknis pembelian BBM jenis Pertalite, dapat segera selesai agar implementasi pembatasan pembelian BBM bersubsidi dapat dilakukan.

Apalagi, Pertamina sejak awal Juli 2022 telah membuka pendaftaran untuk mobil yang berhak membeli Pertalite melalui MyPertamina.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul HARGA BARU Pertalite Rp 10 Ribu/Liter, Benarkah dan Kapan Mulai Berlaku? Ini Pernyataan Pertamina

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa