Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Komponen Bisa Rusak Kalau Sering Dipindah-pindah, Ini Posisi Tuas Transmisi Mobil Matic yang Tepat Saat Macet

Parwata - Rabu, 20 Juli 2022 | 09:00 WIB
Ilustrasi.  JIka sering dipindah-pindah bisa merusak komponen, bengkel spesialis ungkap posisi tuas transmisi matic yang tepat saat terjebak macet.
Niko/motorplus-online.com
Ilustrasi. JIka sering dipindah-pindah bisa merusak komponen, bengkel spesialis ungkap posisi tuas transmisi matic yang tepat saat terjebak macet.

Otomania.com - Komponen bisa rusak kalau sering dipindah-pindah, ini posisi tuas transmisi mobil matic yang tepat saat macet.

Selain mobil yang menggunakan transmisi manual, banyak yang memilih mobil dengan transmisi matic.

Sebagai alasannya, mobil matic lebih praktis penggunaannya dibanding dengan mobil bertransmisi manual.

Terlebih bagi pengguna mobil matic yang berada di perkotaan dengan jalanan macet.

Dengan absennya pedal kopling, pengemudi mobil matic cukup menggunakan dua pedal saja yakni gas dan rem sesuai penggunaan.

Ilustrasi Injak Pedal Rem Mobil Matik
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi Injak Pedal Rem Mobil Matik

Melansir dari Kompas.com, pengendara atau pengemudi lebih ringan saat melalui jalanan yang macet karena tidak perlu bolak-balik menginjak pedal kopling dan memindahkan tuas transmisi.

Namun, meski tidak perlu memindah-mindahkan posisi tuas transmisi pada mobil matic, tetap saja perlu diperhatikan posisi yang paling baik saat sedang melewati jalanan macet.

Sebab, perbedaan perilaku kecil dalam mengemudikan mobil matic dapat memberikan dampak pada ketahanan komponen transmisi.

Dijelaskan oleh Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim alangkah baiknya mengurangi memindah-mindahkan tuas transmisi matik demi kestabilan tekanan oli matik di dalam transmisi.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa