Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ternyata Kendaraan Ini yang Harus Daftar MyPertamina Buat Beli Pertalite dan Solar, Pemotor Bernapas Lega

Naufal Nur Aziz Effendi - Senin, 4 Juli 2022 | 10:00 WIB
ternyata baru mobil yang diharuskan mendaftar di situs MyPertamina, pemotor bisa bernapas lega. (foto ilustrasi)
KOMPAS.COM/M. Elgana Mubarokah
ternyata baru mobil yang diharuskan mendaftar di situs MyPertamina, pemotor bisa bernapas lega. (foto ilustrasi)

Otomania.com - Ternyata Kendaraan Ini yang Harus Daftar MyPertamina Buat Beli Pertalite dan Solar, Pemotor Bernapas Lega.

PT Pertamina (Pesero) melalui Pertamina Patra Niaga, Sub Holding Commercial & Trading, resmi membuka pendaftaran di situs MyPertamina.

Tujuan pembukaan layanan pendaftaran di situs MyPertamina itu memiliki tujuan mencocokan data kendaraan agar penyaluran BBM subsidi Pertalite dan Solar tetap sasaran.

Jelang peresmian layanan pendaftaran di MyPertamina, mekanisme pendaftaran pembelian Pertalite dan Solar saat ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan, pada tahap awal pendaftaran difokuskan untuk pencocokan data antara yang didaftarkan masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki.

"Dimulai pada 1 Juli pendaftaran akan dibuka hingga 30 Juli 2022. Pada masa pendaftaran dan transisi ini, masyarakat masih tetap bisa membeli Pertalite dan Solar, namun kami tetap mendorong agar mendaftarkan kendaraan dan identitasnya," ujar Irto dalam keterangan resminya, Kamis (30/6/2022).

Irto menjelaskan, setelah melakukan registrasi, masyarakat akan mendapat QR Code Unik via email atau notifikasi dengan jangka waktu maksimal tujuh hari.

Guna memudahkan, QR Code bisa di-print out dan dibawa ke SPBU saat akan melakukan pembelian Solar dan Pertalite. Dengan cara tersebut masyarakat tak wajib mengunduh aplikasi MyPertamina atau membawa ponsel.

"Kami juga tegaskan kembali, tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, namun wajib mendaftar di website subsidi tepat.mypertamina.id, dan ini khusus untuk kendaraan roda empat (mobil)," kata Irto.

Baca Juga: Pertamina Buka Suara, Video Kebakaran SPBU Ini Bukan Efek Beli Bensin Pakai HP, Berikut Faktanya

Irto juga menyebutkan, pelaksanaan pendaftaran melalui situs bukan untuk menyulitkan, namun melindungi masyarakat rentan yang sebenarnya berhak menikmati subsidi energi.

Subsidi yang tepat sasaran menurut Irto, menjadi hal yang penting di mana penyaluran Pertalite dan Solar masih memiliki berbagai tantangan.

Salah satunya penyaluran yang tidak tepat sasaran, di mana pengguna yang seharusnya tak berhak ikut mengkonsumsi BBM bersubsidi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Pendaftaran Beli Pertalite di MyPertamina Hanya Untuk Mobil

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa