Tinggal Dekat Pantai Bikin Part Motor Rawan Karat? Ini Faktanya

Parwata,Uje - Rabu, 22 Juni 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi karat pada rangka motor
Istimewa
Ilustrasi karat pada rangka motor

Otomania.com - Enggak sedikit beranggapan yang mengatakan tinggal dekat dengan pantai bikin motor rawan berkarat. Apakah benar?

Terkait hal tersebut, menurut Marco, owner Laser Painting Indonesia, spesialisasi hilangkan karat dengan teknik laser, mengatakan jika anggapan tinggal di pinggir pantai lebih rawan memunculkan karat di part motor ternyata memang fakta.

"Kalau kita tinggal di pesisir, memang wajib lebih waspada dengan munculnya karat di part motor," buka Marco yang workshopnya terletak di di Ruko Asia Tropis AT15 No.53 Bekasi, Jawa Barat.

Menurutnya, memang ada faktor alam yang mendukung kendaraan yang sering berada di daerah pesisir atau dekat pantai menjadi lebih rawan terhadap karat.

"Risiko motor terkena air laut yang terkadang muncul karena pasang atau rob itu lebih tinggi. Dan air laut itu punya tingkat keasaman yang tinggi," lanjut Marco

"Kelembaban udara di daerah pantai juga sangat tinggi, itu yang bisa memicu timbulnya karat lebih cepat dari daerah lain," yakinnya.

"Makanya terkadang harga mobil atau motor dari daerah pesisir itu bisa beda kan, karena memang karat itu sifatnya jahat dan sulit dihilangkan," tambahnya.

Tapi tentu tidak cuma air laut saja yang bisa bikin komponen motor jadi rawan berkarat.

"Sebetulnya penyebab utama munculnya karat jelas membiarkan motor kotor, misal saat cuaca lagi sering hujan kalian malas cuci motor, nah itu mudah muncul karat," lanjut Marco.

Baca Juga: Canggih, Usir Karat Pakai Laser, Sekali Tembak Langsung Rontok Tinggal Besinya

Nah, buat kalian yang tinggal di dekat pantai ataupun daerah lain harus rajin membersihkan motor agar karat tidak mudah muncul.

Dan terjawab, ternyata anggapan yang menyebut tinggal di dekat pantai bisa bikin part motor rawan karat ternyata fakta.


Editor : Dimas Pradopo
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa