Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Jalan Tol Trans Jawa Enggak Bisa Asal Dilintasi saat Arus Mudik, Polisi Berlakukan Buka Tutup Lihat Pelat Nomor

Naufal Nur Aziz Effendi - Kamis, 14 April 2022 | 12:00 WIB
Catat, polisi berlakukan buka tutup lihat pelat nomor dan one way di Tol Trans Jawa saat arus mudik Lebaran 2022. (foto ilustrasi)
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Catat, polisi berlakukan buka tutup lihat pelat nomor dan one way di Tol Trans Jawa saat arus mudik Lebaran 2022. (foto ilustrasi)

Otomania.com - Jalan Tol Trans Jawa enggak bisa asal dilintasi saat arus mudik, polisi berlakukan buka tutup lihat pelat nomor.

Perhatian nih buat sobat Otomania.com yang mau melakukan mudik Lebaran 2022 lewat Tol Trans Jawa.

Kepolisian akan menerapkan rekayasa lalu lintas dengan buka tutup jalan lihat pelat nomor atau ganjil genap dan one way secara bersamaan.

"Pada pelaksanaan mudik akan kita terapkan kebijakan one way dan ganjil genap bersamaan," kata Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi saat jumpa pers virtual dalam YouTube Ditjen Perhubungan Darat, Rabu (13/4/2022).

Menurut Firman, hal tersebut dilakukan lantaran diprediksi jumlah pemudik nanti bakal membeludak.

"Dari hasil perhitungan para ahli di bidang jalan apabila kondisi normal, jalan kapasitas itu harus menerima arus lalu lintas 47 persen sekitar 200 ribu kendaraan yang akan mudik secara bersamaan itu dikategorikan sebagai kendaraan tidak bergerak," katanya.

Selain ganjil genap dan one way, Korlantas juga memberlakukan contraflow.

"Apabila Polri tidak mengambil langkah intervensi rekayasa, kendaraan tidak akan bergerak. Oleh karena itu dibutuhkan manajemen kapasitas jalan yaitu paling sederhana kita akan menambah satu lajur berupa contraflow, juga masih kurang kita akan melakukan one way dari arah Jakarta menuju arah timur," ujarnya.

"Dengan catatan pada saat one way diterapkan tentunya ada konsekuensi para pemakai jalan yang akan menggunakan jalur tol ke arah Jakarta tentunya tidak akan bisa masuk jalan tol," lanjutnya.

Baca Juga: Masyarakat yang Mau Pulang Kampung Harus Tahu, Titik Kemacetan Mudik Lebaran 2022 Diprediksi Ada di Sini

Editor : Naufal Nur Aziz Effendi
Sumber : Tribunnews.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa