Ramai Recall Fuel Pump Mobil di Indonesia, Siapakah Produsennya?

Adi Wira Bhre Anggono,Radityo Herdianto - Rabu, 12 Agustus 2020 | 16:20 WIB
Ilustrasi low-pressure fuel pump di mobil
Ryan Fasha/GridOto.com
Ilustrasi low-pressure fuel pump di mobil

Otomania.com - Belakangan ramai recall puluhan ribu unit mobil dari berbagai merek gara-gara ada kesalahan pada komponen fuel pump.

Program recall diawali PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) pada pertengahan Juni 2020.

Ada 139.111 unit Xpander rakitan 2017-2019 serta Livina produksi 22 Februari sampai 24 Agustus 2019 dilakukan recall fuel pump.

Disusul PT Honda Prospect Motor (HPM) kurang dari sebulan mengumumkan recall komponen fuel pump di hampir seluruh model sebanyak 85.025 unit mobil.

Yang terakhir recall fuel pump dilakukan oleh PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada 30 Juli 2020 sebanyak 36.841 unit dari beberapa model produksi 2013-2019.

Baca Juga: Hampir Bersamaan, Total 270.000 Mobil dari 4 APM Kena Recall. Ada Apa Dengan Fuel Pump?

Namun, semua APM yang diwawancarai oleh tidak bersedia menyebutkan nama pemasok atau supplier fuel pump bermasalah tersebut.

Tim kami pun pada awal Agustus 2020 melakukan penelusuran di bengkel-bengkel spesialis di Jakarta untuk mengetahui merek fuel pump OEM yang biasa dipakai sejumlah pabrikan mobil di Indonesia.

Apin, pemilik bengkel spesialis Pelita Motor Mitsubishi, Blok M, Jakarta Selatan menjelaskan bahwa fuel pump Mitsubishi Xpander di Indonesia adalah buatan Denso.

"Saya pernah lihat waktu bongkar Mitsubishi Xpander, fuel pump yang digunakan itu produksi dari Denso," ungkap Apin.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa