Dapat Dua Bantuan Mobil Tes PCR, Gugus Tugas Jatim Langsung Jalankan Tugas Tes

Parwata - Kamis, 28 Mei 2020 | 09:45 WIB
mobil laboratorium akan keliling surabaya lakukan rapid test
istimewa
mobil laboratorium akan keliling surabaya lakukan rapid test

Otomania.com - Pemerintah pusat menyerahkan dua unit mobil Lab Bio Safety Level 2 untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur.

Melansir dari TribunJatim.com, Ketua Rumpun Kuratif Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jawa Timur, Joni Wahyuhadi mengatakan, Satu unit mobil telah datang, pada Rabu (27/5/2020) dan satu unit lainnya dijadwalkan akan datang, Kamis (28/5/2020).

Baca Juga: 62 Bocah Tanggung Dijemur, Disemprot Antiseptik, 3 Dirapid Tes, Akibat Nekat Balap Liar di Musim Covid-19

"Ada dua mobil PCR (Polymerase Chain Reaction), satu datang satu besok. Kita sebar di rumah sakit untuk tes PCR langsung.

Hari ini ditargetkan 500-an (spesimen), besok lebih banyak lagi karena ada 2 mobil," kata Joni, Rabu (27/5/2020) di Gedung Negara Grahadi, Jalan Gubernur Suryo, Surabaya.

Hari ini dijadwalkan mobil tersebut akan membantu tes PCR di RS Universitas Airlangga (RSUA), RS Haji Sukolilo, dan RS Darurat Puslitbang Kemenkes di Jalan Indrapura, Surabaya.

Selain Mobil Lab Bio Safety Level 2, Joni menjelaskan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pusat juga membantu alat PCR yang ekstraksi spesimen dalam tesnya lebih cepat.

"Kita letakkan di RSUD dr Soetomo dan BBLK (Balai Besar Laboratorium Kesehatan) agar testing-nya bisa lebih masif dan segera ditindaklanjuti dengan isolasi," lanjut Dirut RSUD dr Soetomo ini.

Baca Juga: Waduh! 8 Penumpang Travel Mudik dari Jakarta ke Cilacap Ternyata Positif Corona

Terkait mekanisme isolasi sendiri, Joni menjelaskan RSUD dr Soetomo diperuntukkan pasien yang mengalami gejala klinis sedang hingga berat.

Sedangkan yang ringan hingga sedang bisa saat ini Gugus Tugas Jatim telah menyiapkan RS Darurat di Puslitbang Kemenkes.

"Hari ini operasional untuk sementara 48 bed, besok ditambah 50 bed, di (gedung) belakang bisa ditambah 200-500 bed. RS dr Soetomo, RSUA untuk yang (gejala klinis) sedang-berat karena butuh penanganan yang spesialis," ucap Joni.

Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul "Gugus Tugas Jatim Terima Bantuan Dua Mobil Tes PCR dari Pemerintah Pusat".

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa