Pertamina Genjot Digitalisasi SPBU di Seluruh Indonesia, Bisa Bayar Non Tunai dan Banyak Promo

Indra Aditya,Harun Rasyid - Minggu, 1 Maret 2020 | 08:00 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Vedhit/GridOto.com
Ilustrasi SPBU Pertamina

Otomania.com - PT Pertamina membidik target pada pertengahan tahun 2020 dalam rangka digitalisasi SPBU di seluruh Indonesia.

Dari data yang kami dapatkan, hingga akhir Februari 2020, tercatat 3.814 SPBU atau hampir 70% dari 5.518 SPBU sudah dilakukan instalasi dashboard.

Sedangkan instalasi Automatic Tank Gauge (ATG) telah terpasang di 4.216 SPBU atau capai 76%.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan digitalisasi SPBU merupakan bagian dari proses digitalisasi seluruh bisnis Pertamina demi menjawab tantangan di era digital.

Baca Juga: Pertamina Bakal Genjot Sistem Pembayaran Nontunai, Supaya Apa Ya?
“Digitalisasi SPBU bertujuan meningkatkan layanan kepada pelanggan setia Pertamina sehingga menjadi lebih aman, mudah dan cepat ,” terang Fajriyah, Jumat (28/2/2020).

Digitalisasi tersebut membuat Pertamina dapat memantau kondisi stok dan penjualan BBM secara real time. Sehingga kondisi kekurangan BBM di SPBU dapat lebih diantisipasi.

Ilustrasi aplikasi MyPertamina di smartphone
Vedhit/GridOto.com
Ilustrasi aplikasi MyPertamina di smartphone


Sistem ini juga diyakini dapat memberikan manfaat berupa peningkatan kepastian takaran, selain itu diharapkan juga meningkatkan pengawasan penyaluran BBM.

Digitalisasi juga semakin mendukung pembayaran dengan sistem non tunai melalui sistem debit perbankan atau aplikasi MyPertamina, meskipun pembayaran tunai tetap disediakan.

Baca Juga: Alasan Kenapa Harga BBM Pertamina di Wilayah Ini Lebih Mahal Dibanding Daerah Lain

"Sejalan dengan trend life style yang mengarah ke cashless, pembayaran non tunai dengan aplikasi MyPertamina pun lebih banyak manfaatnya. Selain cepat dan mudah, terdapat poin yang bisa dikumpulkan untuk mengikuti berbagai program promosi Pertamina", imbuh Fajriyah.

"Tanpa perlu kartu khusus, aplikasi Mypertamina dapat diakses dengan smartphone, telah terintegrasi dengan LinkAja sehingga bisa digunakan untuk pembayaran seluruh transaksi di SPBU, baik untuk membeli BBM, Bright Gas, Pelumas maupun belanja di Bright," tambah Fajriyah.

Pembayaran cashless via aplikasi caranya yaitu, cukup scan barcode pada mesin pembayaran, dalam beberapa detik transaksi pun selesai.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa