Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Karena Beda Pajak, Turunnya Harga BBM 2020 di Tiap Provinsi Berbeda, Berikut Daftar Harga BBM Pertamina di Seluruh Indonesia

Dimas Pradopo - Senin, 6 Januari 2020 | 18:16 WIB
Ilustrasi SPBU Pertamina
Pradana/GridOto.com
Ilustrasi SPBU Pertamina

Otomania.com - Kabar gembirnya di awal tahun 2020 salah satunya adalah Pertamina menurunkan harga jual bahan bakar minyak (BBM) (5/1).

Vice President Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menambahkan, penyesuaian harga BBM ini berlaku di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM 187K/10/MEM/2019 tentang formula harga dasar dalam perhitungan harga jual eceran jenis bahan bakar minyak umum jenis bensin dan solar.

Yang mengalami penurunan harga adalah untuk jenis BBM non subsidi, seperti Pertamax series dan Dex series.

Baca Juga: Ramai-ramai Turun Harga BBM di Awal 2020, Siapa Paling Murah? Pertamina, Shell atau Total, Ini Daftarnya

Meski begitu, harga baru yang berlaku di beberapa daerah bisa berbeda-beda, karena dipengaruhi oleh perbedaan besaran Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB) di masing-masing daerah.

Untuk lebih jelasnya, simak penurunan harga BBM sesuai jenisnya menurut pengumuman yang dibagikan Pertamina di bawah ini.

 

1. Pertamax Series

- Pertamax mengalami penurunan harga dari semula Rp 9.850 menjadi Rp 9.200 per liter. Berlaku untuk Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Editor : Dimas Pradopo
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa