Resmi Kebijakan Kendaraan Listrik Bebas Pajak BBN-KB di Jakarta, Nissan Ambil Ancang-ancang Jual Nissan Leaf?

Indra Aditya - Minggu, 26 Januari 2020 | 10:00 WIB
Mobil Listrik Nissan Leaf
Radityo Herdianto
Mobil Listrik Nissan Leaf

Otomania.com - Pemprov DKI Jakarta resmi mengeluarkan kebijakan insentif pembebasan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) bagi Kendaraan Bermotor Listrik (KBL) berbasis baterai, Kamis (23/1/2020).

Keputusan tersebut tertuang dalam Peraturan Gubernur Nomor 3 Tahun 2020, tentang Insentif Pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Atas Kendaraan Bermotor Listrik Bebasis Baterai Untuk Transportasi Jalan.

Dengan adanya pembebasan pajak BBN-KB pada kendaraan listrik hingga 31 Desember 2024, tentunya menjadi kabar gembira bagi para produsen atau pemegang merek kendaraan untuk segera memasarkan KBL ke masyarakat.

Karena dengan motor atau mobil listrik, pemerintah berharap bisa memperbaiki kualitas udara sekaligus penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan.

Baca Juga: Hyundai Bocorkan Harga IONIQ Mobil Listrik Pertamanya di Indonesia, Ngecas 57 Menit Bisa Melaju 300 Km

Insentif pembebasan pajak untuk KBL tersebut di komentari oleh Hana Maharani, selaku Head of Communications Nissan Motor Indonesia (NMI).

Hana menyebut, aturan yang dikeluarkan Gubernur DKI Jakarta tersebut adalah kemajuan bagi percepatan elektrifikasi kendaraan di Indonesia.

Nissan Note e-Power Nismo mejeng di Tokyo Motor Show 2019
Ivan Casagrande Momot
Nissan Note e-Power Nismo mejeng di Tokyo Motor Show 2019


"Adanya pembebasan BBN-KB jadi langkah yang baik untuk membantu akselerasi mobilitas listrik di Indonesia, khususnya di wilayah DKI Jakarta," kata Hana, Sabtu (25/1/2020).

Menurut Hana, terwujudnya era kendaraan listrik di Indonesia perlu kolaborasi banyak pihak lintas sektor terkait.

Baca Juga: Agar Konsumen Cepat Beralih ke Motor Listrik, PT AHM Bilang Begini

"Untuk menciptakan ekosistem KBL berbasis baterai khususnya mobil listrik, sangat diperlukan kolaborasi banyak pihak dan lintas sektor, dan Nissan sebagai salah satu produsen mobil listrik yang diminati di dunia terus melakukan kegiatan untuk meningkatkan awareness dan edukasi soal mobil listrik di Indonesia," jelas Hana dilansir dari GridOto.com.

Nissan menjadi merek yang serius menggarap mobil listrik dan santer dikabarkan kalau NMI akan meluncurkan Nissan Leaf dan Nissan Note e-Power sebagai lini produk Electric Mobility (ELMO) di Indonesia tahun ini.

Namun ketika ditanya, soal adanya insentif pembebasan BBN-KB akan mempercepat peluncuran mobil listrik Nissan, Hana sayangnya enggan memberi komentar.

Baca artikel serupa di (GridOto.com)

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa