Wuih! Palembang-Jakarta Cuma 7 Jam, Tol Terbanggi Besar-Kayuagung Sudah Diresmikan

Indra Aditya - Senin, 18 November 2019 | 09:00 WIB
Gerbang Tol Kayuagung
Sripoku.com/ Nadia
Gerbang Tol Kayuagung

Otomania.com - Ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayuagung, telah diresmikan Presiden Joko Widodo dan kini mulai ramai dilintasi kendaraan.

Hadirnya proyek strategis nasional di kawasan Provinsi Sumatera Selatan itu pun diyakini menjadi angin segar, serta memberikan dampak signifikan dari sisi perkembangan ekonomi Sumsel.

Selain itu, bisa menjadi pilihan bagi masyarakat ketika liburan menggunakan jalur darat.

Betapa tidak, dengan terpangkasnya waktu tempuh Palembang-Jakarta hampir 10 jam, bisa saja kedepan ruas tol ini akan menjadi primadona bagi pemudik nanti.

Baca Juga: Kementerian PUPR Genjot Pengerjaan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II, Desember Beroperasi

"Dengan waktu tempuh Jakarta ke Palembang tujuh jam, lalu Lampung ke Palembang hanya empat jam, tentu ini pasti minat orang yang dari Jakarta mau ke Palembang lebih pilih jalur darat," ujar Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, dikutip dari Sripoku.com, Minggu (17/11/2019).

Ia pun menyakini, hal ini juga dapat memecah konsentrasi tumpukan kendaraan yang melintas dikawasan Jalan Lintas Timur (Jalintim) saat arus mudik Lebaran, Natal ataupun tahun baru.

"Dampaknya kita prediksi signifikan sekali," ujarnya.

Lebih lanjut, Menhub mengatakan untuk tarif tol sendiri sepenuhnya diserahkan pada Kementerian PUPR.

Meski demikian, penetapan tarif juga sebaiknya memikirkan mengenai daya beli masyarakat dan bagaimana cara membalikan modal.

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa