Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pantas Macet Banget, Empat Proyek Jalan Bersamaan di Kota Bekasi

Parwata - Rabu, 9 Januari 2019 | 07:00 WIB
Kepadatan kendaraan arah Jakarta di ruas Tol Jakarta Cikampek KM14 Kota Bekasi, Selasa (25/12/2018).
TribunJakarta.com/Yusuf Bachtiar
Kepadatan kendaraan arah Jakarta di ruas Tol Jakarta Cikampek KM14 Kota Bekasi, Selasa (25/12/2018).

Otomania.com - Kemacetan yang terjadi di Kota Bekasi disebabkan adanya empat proyek nasional yang sedang dibangun di jalan atau akses utama wilayah setempat, seperti yang diungkapkan Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto.

Empat proyek itu diantaranya, pembangunan Tol Bekasi Cawang Kampung Melayu (Becakayu) di akses Jalan KH Noer Ali Kalimalang, lalu tiga proyek di sepanjang akses Jalan Tol Jakarta Cikampek yakni, proyek Light Rail Transit (LRT), proyek Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek Eleveted II, lalu proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung.

"Jadi kemacetan yang terjadi di jalan ini (arteri) karena proyek besar nasional di Kota Bekasi, terutama di dalam tol (Jakarta Cikampek) macet otomatis sebagian akan lari ke sini (arteri)," kata Tri Adhianto, Selasa (8/1/2019).

Baca Juga : Honda Forza 250 Sudah Delivery, Segini Harga Sparepart Fast Moving-nya

Selain itu kata dia, kemacetan juga disebabkan dengan adanya proyek skala Kota Bekasi yakni pembangunan jalan layan atau flyover di Rawapanjang dan Cipendawa.

Akibat adanya dua proyek itu otomatis ada penyempitan jalan sehingga terjadi kemacetan.

"Kita optimalisasi manajemen rekayasa lalu lintas agar paling tidak kemacetan tidak menbuat stak atau kendaraan benar-benar sulit berjalan, tetapi juga kita mencoba menambah terkait dengan panjang jalan dan lebar jalan," kata Tri Adhianto.

Sementara itu Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dinas Perhubungan Kota Bekasi Johan Budi Gunawan mengatakan, dalam upaya meminimalisir dampak kemacetan, pihaknya selalu menerjunkan personel dengan berkordinasi bersama pihak kepolisian untuk mengatur lalu lintas.

Baca Juga : Akibat Kepepet Butuh Uang, Sopir Gelapkan Yamaha Mio Inventaris

Selain itu, upaya manjemen rekayasa lalu lintas juga kerap di lakukan seperti yang diterapkan di Jalan KH. Noer Ali, saat ini untuk menyesuaikan pembangunan Tol Becakayu dan meminimalisir konflik kendaraan, Dishub menerapkan sistem contraflow dari Jembatan Grand Metropolitan untuk kendaraan arah Jakarta.

Sedangkan untuk di titik kemacetan lain di Jalan Simpang Jatibening, Dishub berusahan menerapkan manejemen lalu lintas menggunakan fase lampu lalu lintas.

"Misal jika sore hari kendaraan dari arah Jakarta lebih dominan, untuk itu menit lampu merahnya kita kurangi dan dari arah sebaliknya kita tambah waktu tunggu lampu merahnya," jelas dia.

Artikel ini telah tayang di Tribunjakarta.com dengan judul Wakil Wali Kota Tri Adhianto Sebut 4 Proyek Nasional Jadi Penyebab Kemacetan di Kota Bekasi,

Editor : Indra Aditya
Sumber : Tribunjakarta.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa