Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mantap Betul , Kini Bayar Perpanjangan SIM Bisa Lewat T-Cash

Parwata - Sabtu, 5 Januari 2019 | 15:45 WIB
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)
Tribunjatim
Ilustrasi Surat Izin Mengemudi (SIM)

Otomania.com - Tren pembayaran secara non tunai, merambah pada pembayaran pelayanan di kepolisian. Salah satunya di SIM Corner yang ada di mal Tunjungan Plaza (TP) Surabaya.

"Ini saya melakukan perpanjangan SIM A. Bayar Rp 120.000 untuk biayanya. Dan Rp 40.000 untuk surat keterangan sehat. Tadi saya coba pakai barcode T-cash," kata Anna, salah satu pengunjung SIM Corner TP, Jumat (4/1/2018).

Barcode T-cash merupakan uang elektronik yang diselenggarakan oleh Telkomsel melalui aplikasi di smartphone. Selain T-cash terlihat beberapa pembayaran non tunai lainnya untuk biaya perpanjangan SIM itu.

Terpisah, Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan, mengakui bila pihaknya memang memberikan inovasi pembayaran non tunai untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat Surabaya.

"Yaitu E-volution Cashless Payment yang sudah kami launching pada 1 Desember 2018 lalu," kata Rudi kepada TribunJatim.com.

Baca Juga : Sadis dan Tanpa Ampun Sama Korban, Gerombolan Begal ABG Bikin Resah

Sementara untuk Telkomsel sebagai penyedia dan pengelola aplikasi T-cash, tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk membayar biaya perpanjangan SIM saja.

Tapi juga bisa dimanfaatkan untuk pembayaran Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di kepolisian.

Vice President Sales & Marketing Area Jawa Bali Telkomsel, Ericson Sibagariang mengatakan, layanan T-cash berupaya untuk menjadi solusi dalam mengintegrasikan gaya hidup non-tunai dalam kehidupan sehari-hari.

"Kerja sama yang kami jalin ini pun merepresentasikan komitmen tersebut. Melalui kerja sama ini, pembayaran layanan seperti PNBP SIM dan SKCK akan semakin mudah, aman, dan cepat," kata Ericson kepada TribunJatim.com.

Kerjasama ini tidak hanya dilakukan dengan Polretasbes Surabaya saja. Telkomsel juga sudah menggandeng Polres Gresik dan Polres Bojonegoro dengan program Cashless Payment System (CPS) dan Jonegoro Electronic Payment (JEP).

Baca Juga : Ngakalin Gak Kena Macet, Tinggal Akses Langsung CCTV Jasa Marga

Editor : Joni Lono Mulia

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa