Petugas Bingung, Kontrakan Berdinding Seng Ngutang Pajak Porsche Cayman

Indra Aditya - Senin, 24 Desember 2018 | 18:40 WIB
Samsat Jakarta Barat saat lakukan penagihan tunggakan pajak mobil porsche Jalan Karya Barat IV, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat
KOMPAS.com/Ryana Aryadita
Samsat Jakarta Barat saat lakukan penagihan tunggakan pajak mobil porsche Jalan Karya Barat IV, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat

Otomania.com - Saat melakukan razia pajak, Samsat Jakarta Barat bersama Badan Pajak dan Retribusi Daerah DKI Jakarta menemukan keganjilan alamat identitas dan kepemilikan penunggak pajak kendaraan bermotor (PKB) mobil mewah Porsche tipe Cayman atas nama Aliyah.

Mereka mendapati tempat tinggal pemilik yang beralamat di Jalan Karya Barat IV, Wijaya Kusuma, Grogol Petamburan, Jakarta Barat pada Minggu (23/12/2018) merupakan rumah kontrakan semipermanen berdinding seng.

"Jadi setelah ditelusuri ini ternyata dia (penunggak diduga) memakai KTP orang lain untuk menghindari tarif progresif. KTP benar, tetapi dia meminjam alamat rumah Aliyah," kata Kepala Unit Pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB) Jakarta Barat Elling Hartono kepada Kompas.com, Senin (24/12/2018).

Namun, saat disambangi, Aliyah tidak ada di rumah dan diketahui sedang ada di luar kota. Petugas hanya dapat bertemu perwakilan keluarga yang ditemani Ketua RT 09 dan RW 03.

Baca Juga : Porsche Panamera Turismo, Rp 150 Juta Lebih Mahal Ketimbang Versi Saloon

"Jadi katanya dia datang (dari luar kota) hari Selasa, hari Rabu akan saya tagih lagi," kata Elling.

Wajib pajak pemilik sedan Porsche tipe Cayman tersebut menunggak selama satu tahun dengan nilai tunggakan Rp 28.290.000.

Sementara itu, nilai jual kendaraan bermotor (NJKB) Porche tersebut sebesar Rp 1,1 miliar.

Dalam data yang dipegang Samsat Jakarta Barat, Porsche adalah kendaraan mewah kedua milik keluarga Aliyah.

Suami Aliyah, Andi, tercatat memiliki Jaguar tetapi telah membayar PKB.


Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Duh, Penunggak Pajak Mobil Mewah Porsche Cayman Samarkan Alamat di Rumah Semipermanen,

Editor : Indra Aditya

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X