Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Minggu Depan, Truk Overload Dilarang Masuk Tol, Barang Muatan Dan SIM Ditahan

Fedrick Wahyu - Rabu, 4 Juli 2018 | 17:30 WIB
Ilustrasi truk overload
IG @avto_journal
Ilustrasi truk overload

Otomania.com - Truk bermuatan berlebih (overload) dan kelebihan dimensi dilarang melintas di tol oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Korlantas Polri.

Sanksi yang ada selama ini tidak menimbulkan efek jera sehingga masih banyak truk yang mengangkut muatan melebihi kapasitasnya.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama para asosiasi melakukan komitmen sosialiasi dengan menandatangani deklarasi perjanjian terhadap angkutan barang.

"Kita tahu bahwa ada hal-hal yang tidak dijalankan dengan baik dalam transportasi angkutan yaitu dilakukannya kendaraan overload dan over dimensi," kata Budi yang ditemui di Kementerian Perhubungan, Selasa (3/7/2018).

Bahkan kata dia, akibat masalah tersebut Negara mengalami kerugian sangat besar.

"Dalam angka yang kami catat dari segi finansial kerugian negara itu lebih dari Rp 43 trilliun untuk memelihara baik jalan tol atau tempat lain. Jadi lebih banyak untuk memperbaiki dari pada untuk membangun," paparnya.

(BACA JUGA: Menteri Perhubungan Bilang Begini Usai Ojek Online Gagal Jadi Transportasi Umum)

Tak hanya itu, ia menilai banyaknya truk over dimensi membuat waktu tempuh Jakarta- Bandung bisa lebih lama.

"Kita selalu mendapat komplain dari banyak pihak dari Jakarta-Bandung itu 4-5 jam, kenapa? Karena di antaranya kecepatan truk ini harusnya 60-70 Km per jam di jalan tol, mereka hanya mampu maksimal 40 Km/ jam," ucapnya.

"Nah ini menjadi menghambat mobil lain, oleh karenanya dengan koordinasi kita dengan stakholder baik Pemerintah maupun swasta kita akan menegakan aturan," ujarnya menambahkan.

Editor : Iday
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa