Dulu Mungkin Mustahil, Sekarang Nyuci Mobil Enggak Perlu Air Alias Dry Wash, Begini Caranya

Fedrick Wahyu - Rabu, 4 Juli 2018 | 11:35 WIB
Ilustrasi dry wash
Auto Glaze Indonesia
Ilustrasi dry wash

Otomania.com - Namanya mencuci umumnya butuh air, tapi untuk mobil ada yang namanya cuci tanpa air alias waterless atau dry wash.

"Metode dry wash merupakan pencucian mobil dengan cairan khusus dengan kandungan wax yang akan membersihkan dan mengilapkan mobil dalam waktu singkat," buka Stephen Setyadi, Marketing Manager, Autoglaze Indonesia.

Selain itu, berbeda dengan air tanah, cairan khusus cuci waterless diklaim tidak mengandung mineral, sehingga tidak akan meninggalkan jamur.

Namun, perlu diingat, mobil memang bisa dicuci dengan metode dry wash, asalkan bagian yang hendak dibersihkan tidak terkontaminasi dengan tanah.

(BACA JUGA: Hal Sederhana Ini Bisa Menghindari Bumper Nyundul Tembok Garasi)

Pasalnya, noda tanah ataupun lumpur yang menempel pada mobil sifatnya cepat mengering, sehingga jika tidak terlebih dahulu dirontokkan dengan menggunakan air, maka malah berisiko mengakibatkan baret.

Biasanya, bagian pada mobil yang bisa dibersihkan adalah noda-noda ringan, misalnya noda debu di jalan atau setelah terkena hujan.

"Cuci waterless bisa dilakukan di parkiran kantor ataupun di basement mall yang biasanya dilarang untuk mencuci mobil menggunakan air dalam jumlah banyak," tambah Stephen.

Selain mengunjungi gerai perawatan mobil, cairan untuk mencuci dengan metode dry wash saat ini sudah banyak dijual di pasaran,

Nah, untuk melakukan cuci dry wash sendiri di rumah ataupun di tempat kerja, ada beberapa teknik khusus yang bisa dilakukan.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Iday
Sumber : GridOto.com

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa