Jangan Lupa! Sebelum Ditinggal Mudik Lama Teteskan Oli ke Lubang Busi Motor, Fungsinya Penting Lho

Ditta Aditya Pratama - Jumat, 1 Juni 2018 | 09:30 WIB
Memasukan oli ke lubang busi
Dokumen Motorplus
Memasukan oli ke lubang busi

Otomania.com - Saat mudik lebaran menggunakan transportasi umum, ada baiknya memastikan terlebih dulu kondisi motor yang akan ditinggalkan.

Nah, ada teori yang mengatakan, kalau mau ditinggal dalam waktu lama teteskan oli ke lubang busi.

Tapi pasti banyak yang bertanya fungsinya buat apa ya meneteskan oli ke lubang busi?

Menurut Welly, pemilik Karisma Motor, menambah oli ke lubang busi boleh saja jika motor tidak akan digunakan dalam jangka waktu lama.

(BACA JUGA: Nasib Murid Valentino Rossi Terancam Jika Benar Yamaha Mengincar Marc VDS Jadi Tim Satelit Dengan Sponsor Petronas)

“Disarankan apabila motor ditinggal selama 3 bulan ke atas, kalau hanya untuk ditinggal mudik sebentar, tidak perlu,” ujar mekanik yang biasa menangani motor besar besutan Suzuki (28/5).

Sementara itu, Adih, Service Advisor Yamaha Mekar Motor Bintaro, juga membolehkan cara tersebut.

“Menambah oli aman dilakukan, cukup teteskan oli mesin baru sekitar 1 hingga 2 ml untuk melumasi ruang bakar supaya tidak terjadi karat,” kata Adih di Jakarta Selatan (28/5).

Walaupun nanti saat dinyalakan akan muncul sedikit asap dari knalpot, keduanya mengatakan bahwa hal itu normal dan asap akan hilang jika endapan oli sudah terbakar habis dari ruang bakar.

(BACA JUGA: Fin Komodo Si UTV Buatan Indonesia, Bermesin Mungil Punya Ramuan Khusus Agar Bisa Bisa Melahap Trek Off-road)


YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa